Pengertian Peta

Pengertian Peta - Secara prinsip peta dapat diartikan sebagai gambar atau seluruh permukaan Bumi pada bidang datar dengan teknik tertentu yang memuat informasi umum atau khusus sehingga dapat ditafsirkan dengan mudah oleh penggunanya.
Peta Dunia

Peta Indonesia
Peta haruslah mewakili sebagian atau seluruh permukaan Bumi sehingga fenomena yang ditampilkan harus benar-benar akurat sesuai data di lapangan (yang sebenarnya). Hal tersebut dimaksudkan agar pengguna peta dapat memperoleh informasi yang benar tentang fakta dan data ruang muka bumi untuk digunakan sebagai pendukung kehidupan manusia.

Perhatikan pendapat Nursid Sumatmaja dalam buku Studi Geografi, 1981 berikut ini. Orang berkecimpung dalam bidang geografi harus memiliki kemampuan khusus menggunakan atau membuat peta. Ia harus mengetahui bermacam-macam peta berdasarkan jenis, skala, dan penggunaannya. Pada studi geografi peta merupakan hakikat dasar yang tidak dapat ditinggalkan. 

Peta merupakan media untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Informasi yang disampaikan dalam peta tersebut dibuat dengan prinsip-prinsip tertentu agar tidak membingunkan pengguna. Prinsip-prinsip dalam pembuatan peta yaitu bentuk harus benar, luas harus benar, jarak harus benar, dan arah harus benar. Keempat prinsip tersebut tersebut tidak dapat dipenuhi seluruhnya dalam pembuatan peta. Hal itu dikarenakan terjadinya penyimpangan pada saat menggambar peta, terutama peta yang menggambarkan wilayah yang samgat luas, misalnya peta dunia. Oleh karena itu, dibutuhkan cara yang tepat yang disebut proyeksi peta.

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Namun secara umum pengertian peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi. Banyak peta mempunyai skala, yang menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. Kumpulan dari beberapa peta disebut atlas.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 21.43

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Peta yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top