Pengertian Penginderaan Jauh (Inderaja)

Pengertian Penginderaan Jauh (Inderaja) - Salah satu teknik dasar untuk menghasilkan peta muka bumi adalah dengan mengambil foto atau citra muka Bumi dari udara dengan pemotretan atau teknik pencitraan. Karena objek muka Bumi itu diambil dari jarak jauh, yaitu ruang agkasa, teknik ini disebut penginderaan jauh (inderaja) yang dalam bahasa asing disebut remote sensing (Inggris), teledection (Prancis), atau sensoriamento (Portugal).
Penginderaan Jauh (Inderaja)

Penginderaan Jauh
Foto atau citra yang dihasilkan dari proses inderaja meliputi semua aspek yang ada di muka Bumi dalam bentuk tiga dimensi sehingga panjang, lebar,  dan tinggi dari objek di muka Bumi, baik objek alami (natural) maupun objek budaya (cultural) akan tercitrakan dengan jelas dan akurat. Objek-objek seperti pepohonan, jalan bangunan, binatang kendaraan, dan sebagainya akan tercitrakan sebagaimana aslinya.

Inderaja telah berkembang demikian pesat sejalan dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang semakin kompleks. Oleh karena itu,  inderaja  sekarang telah menjadi ilmu yang berdiri sendiri sebab memiliki lingkup, bidang kajian, dan metode tersendiri.  Di dalam ilmu geografi inderaja masuk ke dalam bidang kajian geografi teknik, sama seperti kartografi.

Lillesand dan kiefer (1999) mendefinisikan inderaja sebagai  ilmu, teknik, dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek, wilayah , atau fenomena dengan menganalisis dan menginterpretasi (menafir) citra yang diperoleh dengan suatu wahana, tanpa menyentuh langsung objek, wilayah, dan fenomena tersebut. Definisi lain menyebutkan bahwa inderaja adalah ilmu untuk mendapatkan informasi, mengindentifikasi, menginterpretasi, dan menganalisis suatu objek atau fenomena tanpa menyentuh langsung. Iformasi dari muka bumi tersebut diperoleh dengan cara perekaman, pengukuran, dan interpretasi dari gelombang elektromagnetik yang dipancarkan atau dipantulkan kembali setelah sinar Matahari mengenai suatu objek di muka Bumi. Elemen-elemen inderaja yang ideal menurut Lillesand dan Kiefer terdiri atas 6 komponen, yaitu sumber tenaga, atmosfer, interaksi dengan tenaga, sensor, sistem pengolahan data, dan para pengguna data.  

Penginderaan jauh (atau disingkat inderaja) adalah pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut atau pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat dari jarak jauh, (misalnya dari pesawat, pesawat luar angkasa, satelit, kapal atau alat lain. Contoh dari penginderaan jauh antara lain satelit pengamatan bumi, satelit cuaca,
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 03.50

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Penginderaan Jauh (Inderaja) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top