Pengertian Basal Metabolisme Rate (BMR)

Pengertian Basal Metabolisme Rate (BMR) - Terkait obesitas, perlu dibahas tentang Basal Metabolisme Rate (BMR). BMR memiliki perang penting dalam metabolisme energi tubuh. BMR adalah suatu kondisi basal saat tubuh istirahat tanpa aktivitas apapun, seperti saat bangun tidur di pagi hari ketika tubuh menggunakan energi cadangan untuk melakukan proses aktivitas organ tubuh; seperti jantung berdenyut, paru-paru berespirasi, otak berpikir, ginjal mengabsorbsi dan menyekresikan zat-zat dalam tubuh, saluran cerna mencerna makan kemudian menyerap sari-sari makanan, rambut tumbuh menggantikan yang telah rontok, atau sel-sel kulit luar mengelupas dan digantikan oleh lapisan baru di bawahnya. 

Basal Metabolisme Rate (BMR)
Semuanya itu memerlukan energi dalam jumlah besar. Sebab, tujuh puluh empat triliun sel tubuh memerlukan energi. Sebesar dua pertiga energi cadangan tubuh digunakan untuk melakukan proses aktivitas tersebut. Cukup besar bukan? Kalau demikian, hanya sepertiga energi tubuh yang dipergunakan untuk beraktivitas sehari-hari, seperti berjalan, berlari dan sebagainya.

Jadi, BMR memiliki peran yang cukup vital untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, BMR setiap individu memiliki tingkat yang berbeda-beda. BMR meningkat pada anak-anak serta orang yang berbadan kurus dan pendek. Sedangkan, BMR akan menurunkan pada orang dewasa, orang tua, orang berpostur tubuh tinggi dan gemuk, serta pada wanita. Pada penyakit-penyakit tertentu, BMR akan meningkat seperti pada penderita hipertiroid (kelebihan hormon tiroid). Tetapi sebaliknya, BMR akan menurun pada penderita hipertiroid (kekurangan hormon tiroid).

Selain itu, olahraga sangat berpengaruh terhadap BMR. Olahraga yang rutin dan teratur dapat meningkatkan BMR. Dan olahraga juga dapat membakar lemak hampir 25%. Suatu hal yang sangat menguntungkan dalam proses penurunan berat badan. Olahraga yang dilakukan dengan teratur dan berkesinambungan akan memberi faedah yang amat besar bagi tubuh. Bukan saja untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk menyehatkan badan, Ironisnya, banyak orang yang ingin berat badannya turun, namun enggan berolahraga. Sebaliknya olahraga wajib dimasukkan dalam program, menurunkan berat badan Anda.

Dari uraian di atas, diketahui bahwa pola makan alami merupakan solusi tepat agar tubuh menjadi sehat. Selain itu, pola makan ini dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit degenaratif dan kardiovaskuler. Pola makan alami dapat meningkatkan potensi sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas jiwa dan raga demi terciptanya suatu bangsa yang maju.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 23.15

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Basal Metabolisme Rate (BMR) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top