Pengertian Transmigrasi

Pengertian Transmigrasi - Transmigrasi merupakan salah satu kebijakan pemerintah tentang kependudukan yang telah dilaksanakan sejak Pelita I. Salah satu tujuan transmigrasi adalah untuk meningkatkan penyebaran penduduk dan tenaga kerja serta pembukaan dan pengembangan daerah pertanian, terutama di daerah-daerah yang terdapat di luar Jawa dan Bali.
Pengertian Transmigrasi

Pengertian Program Transmigrasi
Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduk ke daerah yang jarang penduduknya. Misalnya, dari Pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok yang merupakan daerah yang padat penduduknya ke daerah yang jarang penduduknya, seperti Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

Pengertian transmigrasi dan transmigran ada dalam UU RI No. 15 Tahun 1997 tentang Ketransmigrasian. Transmigrasi adalah perpindahan penduduk secara sukarela untuk meningkatkan kesejahteraan dan menetap diwilayah pengembangan transmigrasi atau lokasi pemukiman transmigrasi. Warga Negara Republik Indonesia yang berpindah secara sukarela ke wilayah pengembangan transmigrasi atau lokasi pemukiman transmigrasi melalui pengaturan dan pelayanan pemerintah dinamakan transmigran.


Jadi, secara umum program transmigrasi memiliki dampak positif, baik bagi pembangunan nasional maupun daerah, seperti meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan perkapita. Selain itu, dengan program transmigrasi, persatuan nasional dapat diperkokoh. Secara umum, tujuan transmigrasi, antara lain untuk meningkatkan kesejahteraan dan standar hidup para transmigran, pemerataan penduduk, pengembangan daerah pemukiman baru, dan mendorong pembangunan daerah dengan optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang ada.

Tujuan resmi program ini adalah untuk mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk di pulau Jawa, memberikan kesempatan bagi orang yang mau bekerja, dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk mengolah sumber daya di pulau-pulau lain seperti Papua, Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi. Kritik mengatakan bahwa pemerintah Indonesia berupaya memanfaatkan para transmigran untuk menggantikan populasi lokal, dan untuk melemahkan gerakan separatis lokal. Program ini beberapa kali menyebabkan persengketaan dan percekcokan, termasuk juga bentrokan antara pendatang dan penduduk asli setempat.

Calon Transmigran adalah setiap warga Negara RI yang secara sukarela mendaftarkan diri untuk mengikuti program transmigrasi, yang setelah diseleksi, dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi peserta program transmigrasi. Daerah Tujuan Transmigrasi adalah wilayah administrasi daerah propinsi atau daerah Kabupaten/Kota yang wilayahnya dikembangkan menjadi WPT atau LPT. Daerah Pengirim Transmigrasi adalah wilayah adminstrasi daerah propinsi atau Kabupaten/Kota yang penduduknya pindah melalui program transmigrasi.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 10.00

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Transmigrasi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top