Pengertian Pasar Valuta Asing

Pengertian Pasar Valuta Asing - Pasar valuta asing adalah sebuah pasar atau tempat pertemuan dimana individu, dan kalangan perkantoran mengandakan jual beli mata uang dari berbagai negara atau valuta-valuta asing. Menurut madura pasar valas adalah pasar yang menfasilitasi pertukaran valuta untuk mempermudah transaksi-transaksi perdagangan dan keuangan internasional.
Pasar Valuta Asing

Pasar Valuta Asing
Menurut Kuncoro transaksi valas (foreign exchange transaction) adalah pertukaran suatu mata uang dengan mata uang lain. Contoh pasar valuta asing yang memperdagangkan dollar Amerika mencakup berbagai tempat yang tersebar diberbagai penjuru dunia, (mulai dari Hongkong, London, Paris, Zurich, Frankfurt, Singapura, Jakarta, Tokyo, dan Newyork).

Ditempat-tempat itulah dollar Amerika di beli dan dijual serta berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Di pasar-pasar itu pula dollar ditukarkaan dengan berbagai macam valuta asing. Pusat-pusat moneter yang tersebar diberbagai penjuru dunia itu disalurkan oleh jaringan telepon dan komputer sehingga membentuk suatu pasar modal integratif (tunggal) yang berfungsi selama dua puluh empat jam. Satu pasar senantiasa menjalin hubungan dengan pasar-pasar yang lain sehingga terciptalah suatu pasar valuta asing internasional yang tunggal.

Fungsi utama pasar valuta asing adalah sebagai tempat transfer dana atau daya beli dari suatu negara dari mata uang ke negara atau uang lainnya. Transfer biasa dilakukan melalui proses telegrafik atau elektronik dimana setiap transaksi diinstruksikan melalui jaringan kabel elektronik, melalui jaringan elektronik itulah sebuah bank domestik memberikan instruksi pada salah satu bank koresponden yang berada di salah satu pusat moneter di luar negeri untuk membayarkan sejumlah uang dalam mata uang lokal (dimana bank korespondensi itu berada sehingga merupakan merupakan valuta asing bagi bank domestik yang memberikan instruksi) kepada seseorang atau sebuah perusahaan atau memasukkannya ke rekening tertentu.

Permintaan terhadap mata uang dari negara lain atau valuta asing muncul karena banyak orang yang melakukan transaksi di luar negaranya sendiri, atau mengadakan transaksi ekonomi dengan pihak (perusahaan, lembaga, orang) asing sehingga dengan sendirinya ia memeerlukan mata uang yang berlaku di negara dimana dia berada pada saat itu. Contohnya para turis yang berpergian ke luar negeri tentunya membutuhkan valuta asing guna membiayai berbagai keperluan selama berpesiar ke mana negara.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 23.50

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pasar Valuta Asing yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

3 komentar:

Posting Komentar

Back to top