Pengertian Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman

Pengertian Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman - Hygiene dan sanitasi makanan adalah dua istilah yang berbeda. Istilah Hygiene dan Sanitasi tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, karena sangat erat kaitannya. Di tinjau dari Ilmu Kesehatan Lingkungan istilah Hygiene dan sanitasi mempunyai perbedaan pengaruh kondisi lingkungan terhadap kesehatan manusia, upaya tersebut, membuat kondisi lingkungan sedemikian rupa sehingga terjamin pemeliharaan kesehatan. Sedangkan Sanitasi adalah usaha kesehatan masyarakat yang menitikberatkan pada pengawasan terhadap berbagai faktor lingkungan yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia (Azwar, 1990).
Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman

Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman
Menurut Depkes RI, (2003) Hygiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan subyeknya seperti mencuci tangan dengan air bersih dan sabun untuk melindungi kebersihan piring, membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan. Sedangkan sanitasi adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara kebersihan lingkungan dari subyeknya. Misalnya menyediakan air yang bersih untuk keperluan mencuci, menyediakan tempat sampah untuk mewadahi sampah agar sampah tidak dibuang sembarangan.

Sedangkan yang dimaksud dengan makanan adalah semua substansi yang diperlukan tubuh, kecuali air dan obat-obatan dan semua substansi-substansi yang dipergunakan untuk pengobatan.

Minuman adalah segala sesuatu yanng diminum masuk ke dalam tubuh seseorang yang juga merupakan salah satu intake makanan yang berfungsi untuk membentuk atau menganti jaringan tubuh, memberi tenaga, mengatur semua proses di dalam tubuh.

Dengan demikian Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman dan Minuman adalah upaya untuk mengendalikan faktor tempat, peralatan, orang dan makanan yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan keracunan makanan (Depkes RI, 2003).

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Hygiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan subyeknya/individu. Misalnya mencuci tangan untuk melindungi kebersihan tangan, cuci piring untuk melindungi kebersihan piring, membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan. Sedangkan Sanitasi Makanan adalah salah satu usaha pencegahan yang menitikberatkan kegiatan dan tindakan yang perlu untuk membebaskan makanan dan minuman dari segala upaya yang dapat menganggu atau merusak kesehatan, mulai dari sebelum makanan diproduksi, selama dalam proses pengolahan, penyimpanan, pengangkutan, sampai dimana makanan dan minuman tersebut siap untuk dikonsumsi masyarakat atau konsumen.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 06.20

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top