Pengertian Pelayanan Kesehatan Primary atau PHC

Pengertian Pelayanan Kesehatan Primary atau PHC - Pelayanan kesehatan primer atau PHC adalah strategi yang dapat dipakai untuk menjamin tingkat minimal dari pelayanan kesehatan untuk semua penduduk. PHC menekankan pada perkembangan yang bisa diterima, terjangkau, secara esensial dapat diraih, dan mengutamakan pada peningkatan serta kelestarian yang disertai percaya pada diri sendiri, disertai partisipasi masyarakat dalam menentukan sesuatu dalam kesehatan.
Pelayanan Kesehatan Primary atau PHC 
PHC adalah pelayanan kesehatan pokok yang berdasarkan pada metode dan teknologi praktis, ilmiah, dan sosial yang dapat diterima secara umum, baik individu maupun keluarga di dalam masyarakat, melalui partisipasi sepenuhnya, serta dengan biaya yang dapat dijangkau masyarakat dan negara untuk memelihara setiap tingkat perkembangan masyarakat dalam semangat untuk dapat hidup mandiri (self reliance) dan menentukan nasib sendiri (self determination).

Selain itu, PHC juga:

  1. Menggambarkan keadaan sosial ekonomi, budaya, dan politik masyarakat dan berdasarkan penerapan hasil penilitian kesehatan-sosial-biomedis dan pelayanan kesehatan masyarakat.
  2. Ditunjukan untuk mengatasi masalah utama kesehatan masyarakat dengan upaya preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif.
  3. Minimal mencakup penyuluhan tentang masalah kesehatan utama dan cara pencegahan dan pengendaliannya, penyediaan makanan dan peningkatan gizi, penyediaan sanitasi masalah dan air bersih, pembinaan kesehatan ibu dan anak termasuk keluarga berencana, imunisasi terhadap penyakit menular utama dan pencegahan penyakit endemik, pengobatan penyakit umum dan cedera, serta penyediaan obat esensial.
  4. Melibatkan dan meningkatkan kerjasama lintas sektor dan aspek-aspek pembangunan nasional dan masyarakat, di samping sektor kesehatan terutama pertanian, peternakan, industri makanan, pendidikan, penerangan, agama, perumahan, pekerjaan umum, perhubungan dan sebagainya. 
  5. Membutuhkan sekaligus meningkatkan kepercayaan diri masyarakat serta perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian PHC serta penggunaan sumber daya yang ada.
  6. Ditunjang oleh sistem rujukan upaya kesehatan secara terpadu fungsional dan timbal-balik guna memberikan pelayanan secara menyeluruh, dengan memperioritaskan golongan masyarakat yang paling membutuhkan.
  7. Didukung oleh tenaga kesehatan profesional dan masyarakat termasuk tenaga kesehatan tradisional yang terlatih di bidang teknis dan sosial untuk bekerja sebagai tim kesehatan yang mampu bekerja bersama masyarakat dan membangun peran serta masyarakat.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 21.12

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pelayanan Kesehatan Primary atau PHC yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top