Pengertian Analisis Data

Pengertian Analisis Data - Analisis merupakan kegiatan pengurutan data sesuai dengan rentang permasalahan atau urutan pemahaman yang ingin diperoleh; pengorganisasian data dalam formasi, kategori ataupun unit perian tertentu sesuai dengan antisipasi peneliti, interpretasi peneliti berkenaan dengan signifikasi butir-butir ataupun aturan-aturan data yang sejalan dengan pemahaman yang ingin diperoleh, dan penilaian atas butir ataupun sebuah data sehingga membuahkan kesimpulan baik atau buruk, tepat atau tidak tepat, signifikan atau tidak signifikan.
Pengertian Analisis Data

Analisis Data adalah

Analisis merupakan proses terakhir dalam rentetan tugas penelitian sebelum menulis laporan. Analisa dilakukan agar tujuan pokok penelitian, yaitu menjawab pertanyaan dan membuktikan hipotesis dapat dicapai. Di belakang itu, analisis bertujuan untuk menjelaskan fenomena, kejadian atau perilaku, atau untuk menerangkan apa yang menjadi latar belakang fenomena, kejadian atau perilaku itu mengenai seseorang, sekelompok orang, atau masyarakat.

Analisis dalam penelitian merupakan bagian dalam proses penelitian yang sangat penting, karena dengan analisis inilah data yang akan nampak manfaatnya terutama dalam memecahkan masalah penelitian dan mencapai tujuan akhir penelitian. Dalam analisis dipisahkan antara data terkait (relevan) dan data yang kurang terkait atau sama sekali tidak ada kaitannya. Bagi pencari dan lapangan sangat ditambahkan nilainya setelah masuk dalam kegiatan analisis data.

Proses analisis data dilakukan setelah melalui proses klasifikasi berupa pengelompokan/pengumpulan dan pengategorian data ke dalam kelas-kelas yang telah ditentukan. Apabila di jumpai data terlalu banyak dan aneka ragamnya penafsiran maka dapat dimanfaatkan/diperas ke dalam bentuk tersebut guna ,menjawab maupun menguji hipotesa.

Analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategor, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang lebih penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah di pahami oleh diri sendiri maupun orang lain.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.23

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Analisis Data yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top