Pengertian Motif dan Motif Sosial

Pengertian Motif dan Motif Sosial - Motif adalah dorongan yang sudah terikat pada suatu tujuan. Misalnya, apabila seseorang merasa lapar, itu berarti dia membutuhkan atau menginginkan makanan. Motif menunjuk hubungan sistematik antara suatu respons atau suatu himpunan respons dengan keadaan dorongan tertentu. Apabila dorongan dasar itu bersifat bawaan, maka motif itu hasil proses belajar.
Pengertian Motif Sosial
Ada beberapa pengertian tentang motif:
  1. Gerungan (1966): Motif itu merupakan suatu pengertian yang melengkapi semua penggerak alasan-alasan atau dorongan-dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan ia berbuat sesuatu.
  2. Lindzey, Hall, dan Thompson (1975): Motif adalah sesuatu yang menimbulkan tingkah laku,
  3. Atkinson (1958): Motif sebagai suatu disposisi laten yang berusaha dengan kuat untuk menuju ke tujuan tertent, tujuan ini dapat berupa prestasi, afiliasi atau kekuasaan.
  4. Sri Mulyani Martaniah (1982): Motif adalah suatu konstruktif yang potensi dan laten, yang dibentuk oleh pengalaman-pengalaman, yang secara relatif dapat bertahan meskipun kemungkinan berubah masih ada, dan berfungsi menggerakkan serta mengarahkan perilaku ke tujuan tertentu.
Dari beberapa pengertian tersebut penulis cenderung mengajukan suatu pengertian motif sebagai berikut:

Motif adalah sesuatu yang ada pada diri individu yang menggerakkan atau membangkitkan sehingga individu itu berbuat sesuatu.

Setelah diketahui apakah sebenarnya motif itu, maka berikut ini disajikan beberapa pengertian motif sosial:
  1. Lindgren (1073) berpendapat bahwa: Motif sosial adalah motif yang dipelajari melalui kontak orang lain bahwa lingkungan individu memegang peranan yang penting.
  2. Barkowitz (1969): Motif sosial adalah motif yang mendasari aktivitas individu dalam mereaksi dengan orang lain.
  3. Max Crimon dan Messick (1976) menyatakan bahwa seseorang dikatakan menunjukkan motif sosial, jika ia dalam membuat pilihan memperhitungkan akibatnya bagi orang lain.
  4. Heckhausen (1980) berpendapat bahwa motif sosial adalah motif yang menunjukkan bahwa tujuan yang ingin dicapai mempunyai interaksi dengan orang lain.
Dari beberapa pendapat tersebut kami cenderung untuk mengajukan pengertian motif sosial sebagai motif yang timbul untuk memenuhi kebutuhan individu dalam hubungannya dengan lingkungan sosial.

Apa sebabnya individu itu berbuat sesuatu? Individu ada yang menggerakkan yaitu motif. Apa sebab di dalam individu timbul motif?

Motif timbul karena adanya kebutuhan/need. Berbeda dengan yang lai, kebutuhan dapat diartikan sebagai:
  1. Satu kekurangan universal di kalam umat manusia yang dapat membantu dan membawa kebahagian pada manusia bila kekurangan itu terpenuhi, walaupun hal itu tidaklah esensi terhadap kelangsungan hidup manusia.
  2. Sebuah kekurangan yang dapat dipenuhi secara wajar dengan berbagai benda lainnya apabila benda khusus yang diinginkan tidak dapaat diperoleh atau
  3. Setiap taraf kebutuhan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 17.32

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Motif dan Motif Sosial yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top