Pengertian Klausa

Pengertian Klausa - Tingkat klausa dalam tata bahasa adalah tingkat yang berada di bawah tingkat kalimat dan di atas tingkat frase. Klausa terjalin dari kata-kata dan frase-frase, dan dalam gilirannya mengisi jalur-jalur pada tingkat kalimat. Klausa adalah satu kesatuan tata bahasa. Ia merupakan konstruksi sebagai dasar kalimat yang potensial, dan unsur-unsur seperti subjek, predikat, objek, dan keterangan bergabung untuk membentuk dasar tersebut. Analisis tingkat klausa merupakan pusat bagi sistem tersebut.
Pengertian Klausa

Klausa adalah
Klausa adalah kelompok kata yang hanya mengandung satu predikat. Suatu tali tagmem-tagmem mencakup satu dan hanya satu predikat, atau tagmem sejenis predikat dalam hal itu. Urutan morfem sebagai hasil manifestasinya khusus mengisi jalur-jalur tingkat kalimat. Dengan kata lain, klausa ialah suatu bentuk linguistik yang terdiri atas subjek, predikat dan objek.

Menurut Kenneth L. Pike, ada tiga tipe klausa tata bahasa, yaitu: 1) klausa intransitif, 2) klausa transitif, 3) klausa ekuasional. Diduga bahwa ketiga tipe klausa tersebut akan ditemui dalam bahasa apapun di dunia ini khususnya bahasa Al-Qur an, tetapi penelitian lebih lanjut mungkin menghendaki bahwa ketiganya diklasifikasikan lagi atau bahwa tipe-tipe baru ditambahkan.
\
Klausa intrasitif adalah klausa yang mengandung kata kerja intrasitif, yaitu kata kerja yang memerlukan suatu objek. Klausa ini dibedakan dari klausa-klausa lain oleh dua perbedaan struktural. Salah satu diantaranya mempengaruhi tagmen-tagmen nuklir konstruksi tersebut. Adapun perbedaan yang dimaksud adalah 1) tak hadirnya tagmem objek, 2) pengisi jalur predikat, dan 3) tidak mempunyai verba intrasitif pengalih bentuk menjadi pasif. Klausa intrasitif ini banyak ditemukan dalam QS. al-Hijr (15): 30.

Klausa transitif adalah klausa yang mengandung kata kerja transitif, yaitu kata kerja yang mempunyai kapasitas dalam memiliki satu atau lebih objek. Ciri-ciri klausa transitif adalah 1) adanya satu objek opsional, 2) pengisi jalur predikat, dan 3) kemampuan klausa transitif mengalihkan bentuknya menjadi pasif.

Klausa ekuasional adalah klausa yang berpredikat nomina, ajektival atau adverbial. Klausal ekuasional adalah klausa yang mengandung verba ekausional atau kata kerja penyama. Verba tersebut menghubungkan subjek dengan atribut predikat, yang di antaranya bisa berupa nominal, ajektiva atau adverbial.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 15.05

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Klausa yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top