Pengertian Ekonomi Manajerial

Pengertian Ekonomi Manajerial - Ekonomi manajerial ialah teknik pengambilan keputusan manajemen perusahaan berbasis teori ekonomi mikro, ekonomi makro, dan ekonomi politik. Teori ekonomi mikro atau ekonomi perusahaan membahas tentang pengorbanan input (sumber daya perusahaan) yang sekecil-kecilnya untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya. Teori ekonomi makro atau ekonomi negara membahas tentang pengorbanan input (sumber daya negara dan masyarakat) yang sekecil-kecilnya untuk memperoleh kemakmuran yang sebesar-besarnya. Teori ekonomi politik membahas tentang sistem ekonomi ditentukan oleh kekuasaan politik kemudian sistem itu membentuk kesadaran sosial dan politik.
Pengertian Ekonomi Manajerial

Ekonomi Manajerial adalah
Manajemen harus mampu mengolah data mikro ekonomi, makro ekonomi, dan ekonomi politik untuk dijadikan informasi relevan sebagai bahan baku untuk mengambil keputusan. Data mengenai ekonomi mikro meliputi pasar, produksi, keuangan, dan buruh perusahaan atau sumber daya manusia. Data mengenai ekonomi makro meliputi ekonomi internasional, ekonomi regional, ekonomi nasional (pendapatan nasional, kebijakan perpajakan, dan kebijakan moneter). Data mengenai ekonomi politik meliputi sistem ekonomi antara lain sistem ekonomi feodlisme, kapitalisme, sosialisme, dan sistem ekonomi campuran.

Keputusan manajemen yang berbasis informasi ekonomi itu pada umumnya terdiri dari keputusan stratejik untuk memperoleh laba jangka panjang (strategic profit planning) dan keputusan taktis untuk memperoleh laba jangka pendek (tactical profit planning). Keputusan laba stratejik berdimensi waktu jangka panjang yang berisiko tinggi sedangkan keputusan laba taktis berdimensi waktu jangka panjang yang berisiko tinggi sedangkan keputusan laba taktis berdimensi waktu jangka pendek yang berisiko rendah. Kedua jenis keputusan itu mengandung risiko, oleh sebab itu manajemen harus berpikir kritis mengenai hasil dan risiko, di mana setiap hasil yang diharapkan di dalamnya mengandung resiko kegagalan. Makin tinggi hasil yang diharapkan, makin tinggi resiko kegagalan yang diterimanya.

Di zaman modern, alat untuk memenuhi kebutuhan hidup yaitu barang dan jasa diproduksi oleh suatu perusahaan baik perusahaan negara maupun perusahaan swasta. Jika barang dan jasa diproduksi oleh perusahaan negara tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya dan mencari keuntungan, dan jika diproduksi oleh perusahaan swasta tujuannya hanya mencari keuntungan. Dengan demikian perusahaan swasta adalah tempat kaum kapitaslis untuk mencari keuntungan. Dalam mencari keuntungan itu, perusahaan dikelola oleh tim manajemen. Oleh sebab itu manajemen perusahaan ialah usaha untuk mendapatkan keuntungan melalui kerja buruh.

Orang-orang dalam tim manajemen disebut manajer. Tugas manajer perusahaan ialah mengambil keputusan berdasarkan untung/rugi (benefit cost ratio). Dengan demikian ekonomi manajerial adalah berbagai keputusan manajer perusahaan yang didasarkan pada informasi ekonomi. Informasi ekonomu yang digunakan sebagai dasar keputusan manajemen perusahaan ialah informasi ekonomi mikro dan ekonomi makro
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 16.20

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Ekonomi Manajerial yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top