Pengertian Laktosa

Pengertian Laktosa - Laktosa adalah karbohidrat utama yang terdapat di dalam susu. Laktosa adalah disakarida yang terdiri dari glukosa dan galaktosa. Laktosa ini terdapat dalam susu dalam fase larutan yang sesungguhnya dan dengan demikian mudah diasimilasikan sebagai makanan dengan proses hidrolisa menjadi glukosa dan galaktosa oleh enzim usus, laktase (Beta-galaktosidase).
Pengertian Laktosa

Laktosa adalah
Tetapi sekarang sudah diketahui bahwa hanya kelompok-kelompok suku yang tidak tahan terhadap laktosa dan ini telah diketahui sebgai akibat dari kurangnya enzim laktosa dalam mukoza usus. Pemberian laktosa atau susu dalam keadaan seperti ini menyebabkan mencret atau gangguan-gangguan perut yang lain. Lebih dari 70% dari orang-orang dewasa di Afrika, Asia dan Indian Amerikan menunjukkan adanya kekurangan enzim laktase.

Kondisi ini tidak terdapat pada waktu lahir, tetapi berkembang sesudah waktu sapih. Juga telah diketahui bahwa kekurangan laktosa yang menyebabkan tidak tahan terhadap laktosa, merupakan akibat yang biasa dari gangguan gastrointestinal yang mungkin berasal dari bakteri. Sayangnya kondisi yang terakhir ini mungkin juga terdapat pada anak-anak muda dari negara-negara yang sedang berkembang karena higiene yang kurang memadai dalam penanganan bahan pangan.

Laktosa tidak semanis gula tebu dan mempunyai daya larut hanya sekitar 20% pada suhu kamar. Laktosa ini akan mengendap dari larutan sebagai keristal yang keras seperti pasir, oleh karena itu harus dijaga jangan sampai kristal-kristal ini terbentuk pada pembuatan es krim dan susu kental. Laktosa mudah sekali diragikan oleh bakteri asam laktat menjadi asam laktat yang merupakan ciri khas susu yang di asamkan.

Susu digunakan sebagai sumber laktosa komersial yang olah dari whey yang didapat sebagai hasil samping pada pembuatan keju. Laktosa dipakai sebagai salah satu unsur dalam makanan anak-anak pada masyarakat Barat dan produk obat-obatan. Laktosa dipakai sebagai bahan pengisi dalam pembuatan tablet-tablet dan kapsul obat dan untuk menghasilkan warna coklat dalam produk-produk bakery, Laktosa juga digunakan oleh pihak militer dalam pembuatan-pembuatan tirai-tirai asap, tanda-tanda dan lilin-lilin sasaran.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.35

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Laktosa yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top