Pengertian Pengembangan Koleksi Perpustakaan

Pengertian Pengembangan Koleksi Perpustakaan - Pengembangan koleksi adalah istilah yang lazim digunakan di dunia perpustakaan untuk menyatakan bahan perpustakaan apa saja yang harus diadakan oleh perpustakaan. Menurut ALA Glossary of Library and Information Science bahwa pengembangan koleksi adalah suatu istilah yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan pengadaan koleksi perpustakaan, kebijakan seleksi bahan perpustakaan, penilaian kebutuhan pemakai, saling berbagi sumber informasi, perawatan koleksi perpustakaan dan penyiangan koleksi perpustakaan.
Pengertian Pengembangan Koleksi Perpustakaan

Pengertian Pengembangan Koleksi Perpustakaan
Tujuan pengembangan koleksi adalah untuk menambah koleksi perpustakaan yang berkualitas dan seimbang sehingga mampu melayani kebutuhan pengguna yang berubah dan tuntutan penguna masa kini serta masa akan datang. Tujuan pengembangan koleksi perpustakaan perlu dirumuskan dan disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan pengguna agar perpustakaan dapat secara berencana mengembangkan koleksinya.

Pengembangan koleksi adalah awal dari pembinaan koleksi perpustakaan yang bertujuan agar koleksi perpustakaan tetap sesuai dengan kebutuhan pengguna dan jumlah bahan perpustakaan selalu mencukupi. Mutu perpustakaan dibentuk oleh kegiatan pengembangan koleksi.

Aspek yang diutamakan dalam pengembangan koleksi adalah seleksi dan evaluasi bahan perpustakaan. Seleksi diartikan sebagai proses mengidentifikasi (memilih dan mempertimbangkan) bahan perpustakaan yang akan ditambah kan di perpustakaan. Sedangkan evalusi adalah kegiatan untuk melakukan pengkajian dan survei kebutuhan pemustaka.

Pada pengembangan koleksi perpustakaan, pustakawan harus selalu memperhatikan tujuan dan fungsi perpustakaan di mana mereka bekerja. Misalnya untuk perpustakaan sekolah, pustakawan harus memperhatikan bahwa tujuan dan fungsi perpustakaan sekolah adalah untuk: menunjang kurikulum sekolah, membekali siswa dengan keterampilan mencari, mengolah dan mengevaluasi informasi dan mengembangkan pribadi dan bakat penelitian sederhana dan tempat rekreasi bagi siswa.

Ha lain yang harus diperhatikan oleh pustakawan dalam pengembangan koleksi adalah mereka harus mengenal masyarakat yang dilayaninya. Masyarakat memiliki ciri-ciri tertentu, yang harus dianalisa kebutuhannya, sehingga apa, bagaimana, mengapa, kapan dan dimana perpustakaan informasinya diperlukan. Profil pemakai menjadi dasar dalam pengembangan dan pembinaan perpustakaan.

Perpustakaan diharapkan dapat melayani keperluan masyarakat yang dilayaninya atau pemustakaan. Perpustakaan umum misalnya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi terhadap seluruh lapisan masyarakat yang menjadi target layanannya. Perpustakaan sekolah diharapkan mampu melayani kebutuhan informasi siswa dan gurunya. Perpustakaan perguruan tinggi pun diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi terhadap seluruh sivitas akademika untuk menunjang tridarma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Demikian halnya perpustakaan khusus diharapkan bisa memenuhi kebutuhan informasi terhadap pemustakanya yang memiliki kebutuhan informasi yang sangat spesifik dalam rangka menunjang visi dan misi dari lembaga induk perpustakaan khusus atau untuk menunjang tugas pokok dari suatu instansi atau perusahaan, temat dimana perpustakaan khusus berada.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.37

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pengembangan Koleksi Perpustakaan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top