Pengertian Promosi Kesehatan

Pengertian Promosi Kesehatan - Promosi kesehatan adalah upaya peningkatan status kesehatan individu dan masyarakat. Terlalu sering kata promosi, bila digunakan dalam konteks promosi kesehatan, dikaitkan dengan penjualan (sales) dan periklanan (advertising), dan dipandang sebagai pendekatan propaganda yang didominasi oleh penggunaan media massa. Ini merupakan suatu kesalapahaman. Dengan promosi dalam konteks kesehatan, kami mengartikannya sebagai memperbaiki kesehatan, kami mengartikannya sebagai memperbaiki kesehatan, memajukan, mendukung, mendorong dan menempatkan kesehatan lebih tinggi pada agenda perorangan maupun masyarakat umum.
Pengertian Promosi Kesehatan 

Pengertian Promosi Kesehatan 
Kami melihat bahwa determinan pokok kesehatan adalah aspek-aspek sosial, ekonomi dan lingkungan yang sering berada di luar kontrol perorangan atau bahkan masyarakat secara kolektif. Oleh karena itu, aspek promosi kesehatan yang mendasar bertujuan melakukan pemberdayaan sehingga orang mempunyai kontrol lebih besar terhadap aspek kehidupan mereka yang mempengaruhi kesehatan.

Dua unsur ini memperbaiki kesehatan dan memiliki kontrol yang lebih besar terhadapnya serta fundamental bagi tujuan dan proses kegiatan promosi kesehatan. Definisi WHO mengenai promosi kesehatan menekankan Promosi kesehatan adalah proses membuat orang mampu meningkatkan kontrol terhadap, dan memperbaiki, kesehatan mereka. Definisi ini telah luas diterima sebagaimana WHO mmeneruskan, Perspektif ini diperoleh dari konsepsi kessehatan kesehatan dalam hal seorang individu atau kelompok di satu sisi mampu untuk mewujudkan aspirasi dan memuaskan kebutuhan hidup dan di sisi yang lain mampu untuk mengubah atau mengatasi tantangan lingkungan.

Oleh karena itu, sehat dilihat sebagai sumber untuk kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup yang merupakan konsep positif yang mencakup sumber-sumber sosial dan perorangan, maupun kapasitas fisik.

Banyak hal yang diperdebatkan sejak pertengahan tahun 1980-an tentang penggunaan istilah promosi kesehatan dan pendidikan kesehatan. Ini menjadi perhatian karena berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka mencapai kesehatan yang lebih baik dari pendidikan kesehatan tradisional yang berorientasi pada pemberian informasi dan terlibat dalam perubahan tingkah laku dan sikap perorangan.

Pendekatan ini terlalu sempit karena memusatkan terlalu banyak pada gaya hidup perorangan dan dapat mengarah pada menyalahkan korban dan lebih banyak pemikiran yang telah dieksplorasi terhadap masalah yang lebih luas. Contohnya adalah aksi politik dalam rangka mengubah kebijakan sosial, penempatan kesehatan buruh dalam agenda majikan dan mengkaitkan kegiatan pembangunan masyarakat untuk kesehatan. Ini melampaui skope dari pendidikan kesehatan yang tradisional dan promosi kesehatan menjadi luas dipakai sebagai istilah payung untuk mencangkup semua kegiatan ini. Pendidikan kesehatan dilihat sebagai unsur yang sangat penting dalam promosi kesehatan.

Kami mendukung pendapat bahwa dengan menggunakan promosi kesehatan sebagai istilah payung untuk serangkaian aneka kegiatan paling berarti dan praktis di masa mendatang. Namun demikian, untuk mencegah kesalahpahaman dan perdebatan yang menghabiskan waktu tentang arti dari kata itu, tidak perlu mengidentifikasi secara jelas kisaran kegiatan-kegiatan yang termasuk, dalam promosi keesehatan.

Meskipun demikian, sebelum berpindah kesana, penting mengakui bahwa saat ini tidak ada konsensus yang jelas dan diterima secar luas tentang apa yang dimaksud dengan promosi kesehatan. Beberapa definisi memusatkan pada kagiatan-kegiatan, tetapi yang lain memusatkan pada tujuan. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 11.01

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Promosi Kesehatan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top