Pengertian Farmakologi

Pengertian Farmakologi - Farmakologi (pharmacology) berasal dari bahasa Yunani, yaitu pharmacon (obat) dan logos (ilmu). Farmakologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari interaksi obat dengan tubuh untuk menghasilkan efek terapi (therapeutic). Obat adalah setiap zat kimia yang dapat mempengaruhi proses hidup pada tingkat molekuler. Pada masa lalu, farmakologi mencakup semua ilmu pengetahuan tentang sejarah, sumber, sifat-sifat fisik dan kimia, komposisi, efek-efek biokimia dan fisiologi, mekanisme kerja, absorpsi, biotransformasi, eksresi, penggunaan terapi, dan penggunaan lainnya dari obat. Namunn, berkembangnya ilmu pengetahuan, beberapa bagian dari farmakologi ini telah berkembang menjadi disiplin ilmu tersendiri dalam ruang lingkup yang lebih sempit, tetapi terlepas sama sekali dari farmakologi.
Pengertian Farmakologi

Farmakologi adalah
Secara singkat perkembangan farmakologi tersebut dapat dikategorikan pada beberapa cabang:
  1. Farmakognosi
  2. Farmasi
  3. Farmakologi klinik
  4. Farmakokinetik
  5. Farmakodinamik
  6. Farmakoterapi
  7. Toksikologi
1. Farmakognosis : Istilah farmakognosi berasal dari kata Yunani yaitu: Pharmacon (obat) dan Gnosis (ilmu pengetahuan). Istilah ini diperkenalkan oleh S.A.Seydler, seorang mahasiswa kedokteran di Halle/Saale, Jerman, yang menggunakan judul Analectica Pharmacognoistica dalam disertasinya pada tahun 1815. Namun penelitian sejarah terakhir telah menemukan penggunaan istilah Farmakognosi yang lebih awal J.A. Schmidt menggunakan istilah tersebut dalam Lehrbuch der Materia Medica, dipublikasikan di Vienna tahun 1811 yang menjelaskan tentang studi tumbuhan obat dan sifat-sifatnya.

Ilmu farmakognosi mempelajari pengetahuan dan pengenalan obat yang berasal dari tanaman dan zat-zat aktifnya yang berasal dari mineral dan hewan.

2. Farmasi : Farmasi adalah bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Profesional bidang farmasi disebut farmasi atau apoteker.

3. Farmako klinik  : adalah ilmu farmakologi yang mempelajari pengaruh kondisi klinis pasien terhadap efikasi obat, misalkan kondisi hamil dan menyusui, neonatus dan anak, geriatrik, inefisiensi ginjal dan hepar.

4. Farmakokinetik : Secara gamblang istilah farmakokinetik menurut ilmu farmakologi sebenarnya dapat diartikan sebagai proses yang dilalui obat di dalam tubuh atau tahapan perjalanan obat tersebut di dalam tubuh. Proses farmakokinetik ini dalam ilmu farmakologi meliputi beberapa tahapan mulai dari proses absorpsi atau penyerapan obat, distribusi atau penyaluran obat ke seluruh tubuh, metabolisme obat hingga sampai kepada tahap ekskresi obat itu sendiri atau proses pengeluaran zat obat tersebut dari dalam tubuh.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 23.25

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Farmakologi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top