Pengertian Produktivitas

Pengertian Produktivitas - Beberapa dekade terakhir ini, kita mendengar berita sensasi tentang pukulan-pukulan oleh perusahaan Jepang terhadap perasaan produk buatan Amerika. Dikatakan bahwa Jepang menguasai pasaran barang-barang di Amerika, seperti pasaran mobil dikuasai Jepang di pasar/negara Amerika sebanyak 30%, sepeda motor 90%, alat rekaman 50%, radio 50%, kamera 30%, dan televisi 25%. Jepang memberikan pukulan terhadap pasaran Amerika dengan kualitas barang yang semakin baik, harga yang murah, dan pelayanan memuaskan. Mengapa ini bisa terjadi? Jawabannya ialah Jepang sangat memperhatikan tingkat produktivitas dalam organisasi bisnisnya. Apakah yang dimaksud dengan produktivitas?
Pengertian Produktivitas

Produktivitas adalah
Di dalam beberapa ensiklopedi, produktivitas didefinisikan sebagai berikut: Inti dari pengertian produktivitas yang diungkapkan di atas ialah menyangkut perbandingan hasil yang diperoleh dengan sumber-sumber ekonomi yang digunakan.

Ada yang menyatakan bahwa produktivitas adalah kuantitas atau volume dari produk atau jasa yang dihasilkan. Akan tetapi banyak pandangan menyatakan bahwa produktivitas bukan hanya kuantitas, tetapi kualitas produk yang dihasilkan, yang harus juga dipakai sebagai pertimbangan mengukur tingkat produktivitas. 

Pandangan di atas ada yang termasuk pandangan tradisional dan ada yang termasuk pandangan modern tentang produktivitas. Jadi dalam menentukan produktivitas tidak hanya dilihat faktor kuantitas saja, tetapi juga faktor kualitasnya. Jika seseorang menghasilkan 20 unit produk bulan yang lalu, dan sekarang dihasilkan 22 unit, maka dikatakan produktivitasnya naik 10%. Jika seseorang menghasilkan 20 unit produk bulan lalu dan sekarang tetap 20 unit, tetapi dalam kualitas yang lebih baik, maka dikatakan produktivitasnya juga meningkat.

Melihat definisi di atas, maka produktivitas ini dapat di ukur menurut tiga tingkatan, yaitu:

  • individu
  • kelompok
  • organisasi
Ketiga kelompok di atas yang terdapat dalam organisasi bisnis dapat diukur produktivitasnya. Ada tiga ukuran produktivitas yang harus dipertimbangkan dalam mengelola organisasi, yaitu:
  1. Untuk tujuan strategi, apakah organisasi sudah besar sesuai dengan apa yang telah digariskan.
  2. Efektivitas, sampai tingkat manakah tujuan itu sudah dicapai dalam arti kuantitas dan kualitas.
  3. Efesiensi, bagaimana perbandingan output dibagi input, dimana pengukuran output termasuk di dalamnya kuantitas dan kualitas.
Selanjutnya untuk menghitung tingkat produktivitas, ada 3 bentuk dasar perhitungan, yaitu:
  1. Produktivitas Parsial, yaitu perbandingan output dengan salah satu input tertentu, misalnya dengan input pekerja.
  2. Produktivitas Total-Faktor, yaitu perbandingan output dengan sejumlah input yang berhubungan dengan pekerja dan modal.
  3. Produktivitas Total, yaitu perbandingan output dengan input.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 18.48

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Produktivitas yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top