Pengertian Struktur Nafsani

Pengertian Struktur Nafsani - Struktur nafsani merupakan struktur psikofisik dan kepribadian manusia. Struktur ini diciptakan untuk mengaktualisasikan semua rencana dan perjanjian Allah kepada manusia di alam arwah. Mengingat struktur nafsani tersusun dari struktur jasmani dan rohani yang mana memiliki nilai baik dan buruk, maka pada struktur nafsani terdapat tarik menarik antara yang buruk dan yang baik. Apabila kecenderungan struktur nafsani mengikuti jasmani maka kepribadiannya menjadi buruk tapi bila sebaliknya yang dominan adalah rohani, maka kepribadiannya menjadi baik.
Pengertian Struktur Nafsani
Semua unsur mahluk hidup yang senantiasa berinteraksi antara satu dengan yang lainnya atau berekosistem dalam tatanan kehidupan dalam mencapai tujuan hidupnya. Ekosistem yang dimaksudkan adalah suatu tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur-unsur. lingkungan hidup. Oleh karena itu lingkungan hidup merupakan unsur yang penting dalam melangsungkan kelestarian setiap mahluk hidup. Dengan demikian manusia senantiasa menjaga kelestarian lingkungannya, baik komponen hayati maupun komponen non-hayati. Untuk mengetahui komponen hayati dan komponen non-hayati, diperlukan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar lingkungan hidup tersebut. Dengan mengetahui dan memahami prinsip-prinsip dasar lingkungan hidup, maka dalam menata lingkungan akan menghindari kesemrautan.

Menurut bahasa, lingkungan ialah daerah (kawasan) dan yang termasuk di dalamnya; bagian wilayah yabg merupakan lingkungan kerja; golongan, kalangan; dan semua yang mempengaruhi pertumbuhan manusia atau hewan. Istilah lingkungan sebagai ungkapan singkat dari lingkungan hidup, sering disamakan dengan dunia, alam semesta, planet, bumi, dan lainnya. Istilah ini merupakan pengalihan dari istilah asing yakni environment (Inggris), levironment (Prancis), umwelt (Jerman), milliu (Belanda), sivatlom (Thailand, al-bi'ah (Arab), alam sekitar (Malaysia), dan lain-lain. Dan ilmu yang mengkaji tentang lingkungan hidup disebut ekologi. Kata ecology dalam bahasa Inggris berarti ekologi, yang berasal dari bahasa Yunani yakni dari kata oikos yang berarti rumah tangga, dan kata logos berarti ilmu.

Karenanya, secara etimologis ekologi artinya ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk hidup di rumah ternasuk proses dan pelaksanaan fungsi serta hubungan antar komponen secara keseluruhan. Dan secara termnologis ekologi artinya ilmu yang mengkaji tentang proses interelasi dan interdepensi antar organisme dalam satu wadah lingkungan tertentu secara menyeluru. Oleh karena itu, lingkungan merupakan istilah singkat dari lingkungan hidup yang menguraikan hubungan timjbal balik dan saling ketergantungan antara satu mahluk hidup dengan mahluk hidup lainnya.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 16.30

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Struktur Nafsani yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top