Pengertian Atmosfer

Pengertian Atmosfer - Atmosfer adalah selubung udara yang menutupi bumi. Atmosfermelindungi penduduk bumi dari benda-benda  angkasa, menjaga suhu permukaan bumi, dan sebagai tempat pengaturan cuaca. Dengan demikian, atmosfer menjaga kehidupan makhluk hidup dibumi.

Pengertian Atmosfer

 
Atmosfer bumi mempunyai beberapa lapisan. Batas antarlapisan di dalam atmosfer tidaklah jelas. Lapisan yang paling dekat ke permukaan bumi adalah troposfer.Ketebalan troposfer sekitar 15 km. Pada  lapisan inilah terjadinya cuaca dan awan. Pesawat-pesawat terbang melintas pada lapisan ini.

Di atas troposfer terdapat lapisan stratosfer. Lapisan ini mempunyai ketebalan atau ketinggian 15 km – 50 km dari permukaan  bumi. Di antara lapisan troposfer dan stratosfer terdapat lapisanpelindung yang disebut ozon. Ozon masuk ke lapisan stratosfer. Ketebalannya sekitar 20 km di lapisan troposfer. Pesawat supersonik dan awan abu dari letusan gunung berapi dapat mencapai lapisan stratosfer.

Lapisan di atas stratosfer adalah mesosfer. Mesosfer terletakpada ketinggian 50 km – 80 km dari  permukaan bumi. Atom-atom pada mesosfer mengalami ionisasi, yaitu atom yang kehilangan elektron. Area mesosfer yang mengalami ionisasi disebut ionosfer.Lapisan ionosfer ini mampu memantulkan  gelombang radio.

Lapisan terluar atmosfer yaitu termosfer. Ketinggian termosferdari permukaan bumi 80 km hingga mencapai  angkasa luar. Pada termosfer terdapat lapisan eksosfer, di mana molekul-molekul gas bumi terlepas ke ruang angkasa luar.

Di antara lapisan atmosfer bumi tersebut, yang berhubungan langsung dengan kehidupan di bumi adalah troposfer. Perubahan suhu dan kelembapan di troposfer sangat berpengaruh bagi bendabenda di atas permukaan bumi, misalnya dapat mengakibatkan pelapukan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.28

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Atmosfer yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top