Pengertian Pendekatan Sistem

Pengertian Pendekatan Sistem - Pendekatan sistem dapat diartikan sebagai suatu cara berpikir dengan menggunakan konsep sistematik dan sistemik (menyeluruh). Pendekatan sistem dapat juga dikatakan sebagai metode untuk mendeskripsikan suatu objek yang dideskripsikan, meliputi bagaimana hubungan antar komponen yang satu dengan komponen yang lainnya yang menunjuk pada suatu hasil secara keseluruhan.

Pengertian Pendekatan Sistem

Pendekatan sistem atau berpikir sistem memiliki beberapa karakteristik ditinjau dari tiga aspek sebagai berikut: (a). Aspek Ontologi. (1). Pendekatan holistik (menyeluruh). (2). Mulai dari keseluruhan kemudian dibatasi. (3) Dimulai dari latar belakang pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh. (b). Aspek Epistemologi. (1) Menggunakan model untuk memudahkan analisis. (2) Sifat keseluruhan lebih diperhatikan daripada pendekatan analitik dan atomistik. (3) Logika sistem merupakan konsep dasar dalam kegiatan inquiry (mencari tahu). (c) Aspek Aksiologi, menguraikan tercapainya tujuan sistem secara sistematik (runtut). 

Istilah sistem adalah suatu konsep yang abstrak. Defenisi tradisional menyatakan bahwa sistem adalah seperangkat komponen atau unsur-unsur yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Rumusan itu sangat sulit dipahami. Dalam artian yang luas, suatu sistem muncul karena seseorang telah mendefinisikannya demikian. Kesimpulan unsur itu dapat dinyatakan sebagai berikut. Misalnya sepeda adalah suatu sistem, yang meliputi komponen-komponen yang seperti noda, pedal, komedi, dan sebagainya. Akan tetapi dalam artian yang luas, sepeda sebenarnya adalah suatu subsistem/komponen dalam sistem transport, disamping alat-alat transport lainnya, seperti truk, motor, angkutan kota, dan sebagainya. Jadi, suatu sistem dapat saja menjadi suatu sistem yang lebih kompleks. Itu berarti, adanya suatu sistem karena kita mempertimbangkannya sebagai sistem. 

Kita sendiri yang menentukan batas-batas antara lain, perpaduan subsistem-subsistem yang ditentukan oleh pendapat yang menyatakan bahwa sesuatu adalah suatu sistem. Itu sebabnya, suatu sistem pada hakikatnya adalah system of interest berdasarkan rumusan tersebut, kita dapat mengidentifikasikan hubungan-hubungan pokok antara sistem dan lingkungan, yakni antara input dari lingkungan dengan sistem antara output dari sistem dengan lingkungan. 

Siti Rogayah - www.sitirogayah.com

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.48

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pendekatan Sistem yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top