Pengertian Penciptaan (invention)

Penciptaan (invention) - Invention adalah usaha yang disengaja dan sungguh- sungguh untuk memperoleh hal-hal baru.

Sebelum menciptakan sesuatu barang biasanya dilakukan uji coba berkali-kali sampai ditemukan unsur baru yang benar-benar bagus. Unsur baru ini kemudian mendapatkan pengakuan dari masyarakat. Invention tidak hanya terbatas pada penemuan teknologi baru, tetapi juga dalam bidang pemerintahan, hukum, pendidikan, hubungan keluarga, ekonomi, moral, dan sebagainya.

Perlu diingat, bahwa setiap penciptaan baru selalu berdasarkan pada hal-hal yang sudah ada atau penemuan sebelumnya. Kemajuan teknologi saat ini dikembangkan di atas dasar teknologi masa lalu. Pengetahuan yang kita miliki sekarang merupakan perkembangan dari pengetahuan-pengetahuan sebelumnya.

Penciptaan sesuatu yang baru bukan berarti telah tercipta sesuatu yang sama sekali baru, yang sebelumnya tidak ada. Misalnya, penemuan pupuk sintesis didasari oleh pemakaian pupuk kandang sebelumnya. Begitu pula pemberantasan hama dan mekanisasi pertanian. Semua itu terjadi berdasarkan penemuan-penemuan sebelumnya.

Penemuan baru mengakibatkan berbagai macam pengaruh bagi kehidupan sosial budaya dalam masyarakat. Beberapa bentuk pengaruh akibat adanya penemuan baru tersebut di antaranya sebagai berikut.
  • Penemuan baru dalam bidang tertentu menyebabkan sejumlah perubahan di bidang-bidang lain dalam waktu yang bersamaan. Dapat dikatakan bahwa dampak penemuan baru itu memancar ke beberapa bidang lainnya. Misalnya, penemuan radio menyebabkan perubahan di bidang pendidikan, pemerintahan, pertanian, rekreasi, dan sebagainya.
  • Penemuan baru menyebabkan perubahan-perubahan yang menjalar dari bidang atau lembaga yang satu ke bidang atau lembaga lainnya. Misalnya, penemuan pesawat tempur membawa pengaruh terhadap metode perang. Negara yang mempunyai pasukan perang yang kuat akan disegani negara-negara lain. Akibatnya negara tersebut akan menjadi negara adidaya. Dengan menjadi negara adidaya, sikapnya terhadap negara-negara lain juga akan berubah.
  • Beberapa jenis penemuan baru dapat mengakibatkan satu jenis perubahan. Misalnya, penemuan mobil, kereta api, rel kereta api, telepon, dan sebagainya memperbanyak pusat kehidupan di pinggir kota yang dinamakan masyarakat suburban.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 16.22

Ditulis Oleh : Budi OryzaSativa ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Penciptaan (invention) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top