Pengertian Konjungtivitis dan Upaya Penanganannya

Pastinya setiap orang pernah merasakan konjungtivitis pada dirinya. Yang mana perlu diketahui bahwa, Konjungtivitis adalah mata merah akibat adanya peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata pada bagian dalam atau yang biasa disebut dengan konjungtiva mata. Pada konjungtivitis ini juga bisa disertai dengan rasa gatal  sehingga mata menjadi berair.

konjungtivitis adalah
Konjungtivitis (sumber: google.com)

Sebagian orang banyak yang membiarkan kondisi mata tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan apa yang akan terjadi jika konjungtivitis pada mata tidak diobati. Sehingga bisa menyebabkan gangguan pada mata. Maka dari itu jika kamu atau keluarga kamu terkena konjungtiva mata alangkah lebih baiknya harus segera diatasi sehingga tidak menularkan kepada orang lain ataupun tidak terjadi konjungtivitis serius jika segera diobati. Karena paling sering menyerang anak-anak, karena penyakit mata ini bisa menyebar dengan cepat di sekolah dan tempat penitipan anak.  

Ada banyak hal yang menyebabkan konjungtivitis pada mata ialah sebagai berikut :

  1. Infeksi oleh virus atau bakteri
  2. Adanya reaksi alergi yang bermunculan terhadap hal-hal, seperti serbuk sari, debu, atau asap
  3. Terpengaruh dari pemakaian lensa kontak sehingga terkena alergi khusus
  4. Reaksi dari obat mata yang digunakan
  5. Terkena bekas makeup di area mata sehingga akan mengalami perih dan mata menjadi merah
  6. Terkena Iritasi dari sampo, asap, kotoran
  7. Adanya jamur, amuba dan parasit yang menempel di area mata
  8. Tertular dari penyakit menular seksual (PMS). Gonore dan Chlamydia merupakan contoh PMS yang bisa menyebabkan konjungtivitis.


Konjungtivitis adalah kondisi mata terlihat merah yang menimbulkan keluhan seperti mata merah, berair, belekan, rasa gatal pada mata, lebih sensitif terhadap cahaya, serta bisa juga menunjukkan gejalanya seperti penglihatan terasa sedikit kabur. Untuk hal lebih pastinya, dokter akan mengambil sampel cairan di mata untuk di analisis di laboratorium agar penyebab konjungtivitis dapat diketahui dengan tepat dan ditangani dengan cepat pula.

Konjungtivitis juga bisa didapatkan karena kebiasaan setiap memakai makeup tidak dibersihkan langsung sehingga bekas makeup akan terasa lengket hingga berhari dan saat dibersihkan percikan bekas makeup akan terkena mata sehingga mata akan terasa gatal dan menggosoknya juga dengan tangan. Hal tersebut bisa saja terjadi dan bisa menyebabkan konjungtivitis dari kebiasaan sehari-hari.

Namun, kamu jangan khawatir jika kamu terkena konjungtivitis bisa ditangani secara intensif agar kondisi mata akan kembali sembuh atau membaik. Kamu dapat istirahatkan mata kamu selama beberapa saat untuk meringankan gejalanya. Bisa dilakukan dengan mengompres mata dengan kain yang bersih yang telah diberikan air dingin atau hangat. Namun, alangkah lebih baiknya kain direndam di dalam air dingin atau dimasukkan ke lemari pendingin (freezer) selama beberapa saat sebelum digunakan. Lalu, letakkan kain tersebut pada mata atau kelopak mata yang bengkak selama 10–15 menit.

Jika konjungtivitis disebabkan oleh alergi, biasanya dokter akan memberikan obat tetes mata, seperti antihistamin dan penstabil sel mast, atau obat-obatan yang mengendalikan peradangan.

Serta jika kamu pengguna aktif lensa kontak maka lebih baik dihentikan sementara waktu hingga mata benar-benar sembuh. Pada kasus konjungtivitis yang cukup parah akibat bakteri, dokter akan memberikan resep obat tetes mata yang mengandung antibiotik. Dengan begitu, perkembangbiakan bakteri penyebab konjungtivitis bisa dihentikan.

Kamu dapat melakukan upaya pencegahan dari Konjungtivitis bisa dilakukan dengan memperbaiki gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari. Sebagai berikut :

  1. Sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas agar terhindar dari virus dan bakteri. Kamu dapat menggunakan Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Mild Care untuk menjaga kebersihan tangan. Produk sabun cuci tangan Lifebuoy ini diperkaya ActivSilver Formula yang lebih ampuh membunuh kuman penyebab penyakit.  Tangan yang selalu bersih akan membuat kamu sehat dan terhindar dari kuman penyebab penyakit.
  2. Gunakan sapu tangan atau tisu untuk membersihkan kotoran mata.
  3. Gunakan handuk yang terpisah dari orang lain.
  4. Hindari penyebab alergi, seperti debu dan bulu hewan peliharaan.
  5. Membuang kosmetik yang sudah kedaluwarsa dan jangan berbagi kosmetik untuk mata dengan orang lain. Serta segera membersihkan makeup setelah digunakan.
  6. Hindari memakai lensa kontak sampai sakit kamu sembuh.
  7. Jangan sentuh area yang terinfeksi dengan mata.

Nah, itu cara pencegahannya dan upaya yang dapat kamu lakukan setiap hari sehingga tidak terkena konjungtivitis dan mata kamu selalu sehat. Maka dari itu yuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri dengan baik, resiko konjungtivitis yang mengganggu kesehatan mata tentu bisa diminimalkan dan segala kegiatan kamu tidak terhambat. Tetap jaga kesehatan diri ya. Semangat sehat selalu.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.33

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Konjungtivitis dan Upaya Penanganannya yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top