Rabu, 04 Maret 2015

Pengertian Keanekaragaman hayati

| Rabu, 04 Maret 2015


Pengertian Keanekaragaman hayati - Keanekaragaman Hayati adalah tiap mahluk hidup tentu memiliki ciri tempat hidup yang berbeda. Melalui pengamatan, kita dapat membedakan mereka satu terhadap yang lainnya. Misalnya, berdasarkan bentuk tubuh, tempat hidup, tingkah laku, bentuk interaksi, cara reproduksi, dan jenis makanannya. Pada akhirnya, kita akaan memperoleh suatu gambaran umum bahwa ada keberagaman di antara mereka. 
Keanekaragaman Hayati Indonesia

Keanekaragaman Hayati


Para ilmuwan menyadari keanekaragaman masih banyak lagi dibandingkan yang dapat dilihat di halaman rumah, halaman sekolah, kebun, dan kolam. Sampai saat ini, hamper sebanyak satu setengah juta mahluk hidup yang sudah dapat dikenali (diidentifikasi). Sementara itu, berbagai jenis mahluk hidup lainnya masih ditemukan seetiap tahunnya. Diperkirakan jumlah total spesies yang ada di bumi saat ini sekitar 30 juta spesies.

Pada umunya, para ilmuwan dapat mempejari mahluk hidup yang beranekaragam dengan cara mempelajari pola-pola yang dimiliki oleh setiap mahluk hidup. Misalnya, mengamati persamaan dan perbedaan pada struktur morfologi, anatomi, ataupun tingkah laku. Selanjutnya, melalui cara tertentu mereka memberi nama untuk masing-masing jenis mahluk hidup tersebut.

Marilah kita perhatikan salah satu contoh dari mahluk hidup yang ada disekitar kita, misalnya semut. Semut dapat kita temukan di tanah, di bawah bebatuan, di pohon, atau di dinding rumah kita. Mereka ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna hitam, ada yang besar da nada yang kecil, serta ada yang suka memakan daun da nada pula yang suka memakan jenis makanan yang bersifat manis. Semut tampak sangat beragam. Meskipun demikian mereka memiliki ciri-ciri morfologi yang sama, yaitu sama-sama memiliki tiga macam pasang kaki dan tiga segmen tubuh (kepala, dada, dan perut).

Demikian juga dengan tumbuhan, kita dapat menemukan tumbuhan di tempat-tempat yang berbeda. Ada yang hidup, tumbuh, dan berkembang di tempat teduh da nada pula berada di tempat terbuka yang terkena cahaya matahari langsung. Rerumputan, misalnya, mereka ada yang disebut rumput teki, rumput gajah, dan alang-alang. Mereka dapat kita bedakan berdasarkan ukuran, bentuk, dan tempat hidupnya. Jumlah rerumputan pun sangat banyak. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar