Cari Data Center Indonesia, Ketahui Dahulu Pengertian dan Jenis-jenisnya

Dalam dunia IT, keberadaan data center memang menjadi salah satu elemen yang sangat penting. Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan keberadaan elemen satu ini maka dapat membantu sebuah perusahaan yang membutuhkan ruang penyimpanan data dalam jumlah yang besar.

Tidak heran apabila keberadaan layanan data center Indonesia pun ternyata semakin banyak dicari oleh masyarakat. Istilah data center atau pusat data ini sendiri memang sudah bukan menjadi hal yang asing bagi seseorang yang sudah sejak lama bergelut didalam dunia IT.

Data Center Indonesia

Untuk anda yang baru pertama kali mendengar istilah yang satu ini, memang wajib mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian dari data center. Hal ini agar tidak salah dalam mengartikan.

Pengertian dari Data Center

Secara umum data center memang dapat diartikan sebagai pusat data.Dimana merupakan sebuah fasilitas yang akan dimanfaatkan atau dikelola untuk memenuhi kebutuhan sistem maupun komponen yang ada pada komputer. Seperti adanya ruang penyimpanan data maupun telekomunikasi.

Tidak hanya itu saja, keberadaan data center inipun juga dapat digunakan sebagai penempatan server untuk sebuah website atau database. Didalam data center sendiri ternyata terdapat ribuan server dimana sudah disusun sedemikian rupa dan tertata dengan rapi di sebuah wadah seperti rak.

Setiap perlengkapan maupun peralatan yang digunakan dalam pembuatan data center juga harus dilakukan sedetail mungkin. Hal ini bertujuan untuk menghindari permasalahan yang muncul.Adapun beberapa peralatan dimana membutuhkan perhatian khusus seperti sistem pendingin, sistem keamanan hingga catu daya.

Dalam pemasangan data center terdapat beberapa aspek.Dimana harus diperhatikan seperti tata kelola standar pusat data, pusat data tersebut juga harus diletakkan di lokasi yang aman dan strategi. Tentunya pula sesuai dengan kriteria lokasi yang sudah ditetapkan dan harus mendukung adanya sistem cadangan alat seperti catu daya.

Keberadaan data center Indonesia inipun ternyata juga menjadi salah satu hal penting dimana harus memperoleh prioritas utama karena dapat memajukan bisnis yang anda miliki. Dengan keberadaan data center itulah, anda dapat menyimpan data maupun informasi dengan jumlah yang banyak.

Selain memiliki fungsi sebagai ruang penyimpanan, data center juga bertugas untuk memproses maupun menyebarkan data itu sendiri.

Jenis-Jenis Data Center Indonesia

1. Tier 1
Jenis data center Indonesia yang pertama adalah Tier 1 ini dimana merupakan pusat data dengan kualitas paling bawahapabiladipilihdaritier lainnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena tier 1 hanya menggunakan 1 jalur kelistrikan dan sistem cooling saja.

2. Tier 2
Tier 2 ini sebenarnya mempunyai kemiripan dengan Tier 1. Hal ini tidak lain karena keduanya sama-sama menggunakan 1 jalur kelistrikan dan sistem cooling saja. Tetapi bedanya, tier 2 sudah dilengkapi dengan komponen redundasi.

3. Tier 3
Data center yang satu ini sudah menggunakan lebih dari 1 jaur kelistrikan dan sistem cooling. Tetapi sudah dilengkapi juga dengan komponen redundansi.

4. Tier 4
Jenis data center yang terakhir adalah Tier 4 ini dimana ini merupakan jenis data center yang terbaik dibandingkan dengan yang sebelumnya. Hal ini tidak lain karena tier 4 sudah dilengkapi dengan lebih dari 1 jalur kelistrikan dan sistem cooling dan adanya komponen redundansi.

Dalam dunia IT, keberadaan data center ini memang sangat penting. Bagi perusahaan atau organisasi yang sedang mencari Indonesia data center terpercaya dan berpengalaman, NEX merupakan penyedia pusat data paling terpercaya saat ini.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.51

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Cari Data Center Indonesia, Ketahui Dahulu Pengertian dan Jenis-jenisnya yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top