Inilah 8 Tips Mengatasi Ketiak Kasar agar Percaya Diri

Ketiak kasar menjadi masalah besar bagi kaum wanita, kulit ketiak yang kasar seringkali membuat orang merasa tidak percaya diri, apalagi saat menggunakan atasan tanpa lengan. Kulit ketiak bisa tampak seperti kulit ayam biasanya dikarenakan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan oleh diri kita sendiri, salah satunya yaitu mencabuti bulu ketiak yang berlebihan. Tapi jangan biarkan masalah ini berkelanjutan, berikut beberapa tips mengatasi ketiak kasar dirangkum dari berbagai sumber.

ketiak kasar
Ketiak kasar

Pastikan kondisi pisau cukur dalam kondisi baik

Perhatikan pisau cukurmu sebelum mencukur bulu ketiak. Selain kondisi pisau harus bersih dan bebas karat, pastikan juga kamu tidak melebihi batas pemakaian dan waktu yang ditentukan oleh pisau cukur yang kamu gunakan. Biasanya pada kebanyak produk pisau cukur disebutkan ketentuan tersebut.

Eksfoliasi Secara Rutin

Bukan cuma wajah yang butuh eksfoliasi, tapi ketiak juga. Mengelupas sel kulit mati dan sisa-sisa deodoran bisa mengurangi peradangan di kulit ketiak. Direkomendasikan pakai handuk lembut dan mild scrub untuk secara lembut menggosok ketiakmu ke satu arah. Namun jangan gosok keras-keras ya, karena itu akan menyebabkan abrasi kulit dan justru bikin kulit ketiak menghitam. Lakukan tiap seminggu sekali, di hari yang sama.

Pakai Sabun yang Lembut

Kamu mungkin sudah tahu bahwa kulit di ketiak itu tipis dan super sensitif. Jadi kalau kamu membersihkannya pakai sabun badan yang kasar, kulit ketiak bakal kering, gatal-gatal, dan meradang. Jadi, disarankan untuk beralih ke sabun yang tidak mengandung pewangi, alkohol, dan bersifat melembutkan serta melembabkan.

Cerahkan kulit ketiak dengan masker

Sama seperti kulit wajah yang butuh diberi masker. Nah, untuk mengatasi kulit ketiak yang kasar kamu perlu menggunakan masker di bagian tersebut. Pilihlah masker ketiak yang alami dan berfungsi menghaluskan dan melembutkan kulit ketiak. Dengan menggunakan masker ketiak, maka bisa mencerahkan kulit ketiak dan mengangkat kotoran pada ketiak lebih maksimal. Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

Konsumsi vitamin E dan vitamin C agar kulit ternutrisi

Vitamin E dan C dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk kulit ketiak. Jadi tidak ada salahnya bila kamu memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin E dan C. Buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C di antaranya tomat, brokoli, kembang kol, kale, paprika merah dan hijau, jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, melon, mangga, dan nanas. Sedangkan buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin E di antaranya bayam, brokoli, tomat, kiwi, mangga, dan avokad.

Gunakan bahan-bahan alami untuk menghaluskan kulit ketiak

Dari berbagai sumber, ada banyak bahan alami yang dapat kita temukan dengan mudah, mampu untuk mengatasi ketiak kasar, diantaranya scrub gula dan lemon, irisan kentang, gel lidah buaya, minyak kelapa, kulit jeruk dan masih banyak lagi. Bahan-bahan ini diaplikasikan ke ketiak, dan harus dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk melembutkan dan menghaluskan ketiak kamu.

Untuk Hasil Instan dan Jangka Panjang, Coba Laser

Coba diode laser hair removal. Hanya dalam satu sesi, pertumbuhan bulu ketiak bisa sangat berkurang. Selain itu, perawatan eksfoliasi seperti mikrodermabrasi atauchemical peeling juga bisa membantu bikin kulit ketiak mulus kembali. Bonusnya, kulit ketiak juga jadi lebih putih.

Pilih deodoran yang mengandung pelembap

Selain harus memilih deodoran yang cocok sesuai kulit ketiak sehingga tidak menimbulkan alergi, pastikan juga deodoran yang kamu pilih mengandung pelembap. Kandungan pelembap akan membantu kulit ketiak menjadi lebih halus dan lembut.

Kalau kamu bisa mempraktikkan cara-cara tersebut secara rutin, bukan hal mustahil kulit ketiakmu bisa lebih lembut dan cerah. Tapi semua kembali pada jenis kulitmu juga. Karena jenis kulit tiap orang berbeda-beda maka hasilnya juga bisa tak sama pada setiap individu.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 08.41

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Inilah 8 Tips Mengatasi Ketiak Kasar agar Percaya Diri yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top