Fungsi Protein Itu Apa sih? Ini jawabannya

Dalam aktivitas sehari-hari kita membutuhkan energi, energi berasal dari makanan yang kita makan, energi terbentuk dalam tubuh dari suatu proses panjang yang dinamakan metabolisme. Makanan yang kita makan mengandung zat gizi, salah satunya protein. Protein inilah yang akan diolah untuk menjadi energi dalam tubuh. Sumber protein dapat kita temukan dengan mudah, ada yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Namun fungsi dari protein itu apa sih? Belum banyak yang tahu fungsi dari protein secara kompleks, padahal peranan protein banyak andilnya dalam tubuh kita. Yuk kita sima apa saja fungsi dari protein.

Fungsi Protein Itu Apa
Fungsi Protein Itu Apa


1.  Membangun dan memelihara jaringan tubuh

Protein adalah “batu bata” yang berperan besar dalam menyusun hampir semua bagian tubuh kita, misalnya otot dan tulang, jantung, paru-paru, otak, kulit dan rambut. Tidak hanya itu, protein juga bertanggung jawab untuk memelihara dan mengganti jaringan di tubuh yang telah rusak. Dalam kondisi normal, jumlah protein yang digunakan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh akan sama setiap harinya. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak protein, yaitu ketika ada pertumbuhan jaringan baru atau ketika pemecahan protein terjadi lebih banyak, misalnya pada ibu hamil, ibu menyusui, atau pada orang yang sedang sakit.

2. Proses pembentukan hormon

protein yang ada dalam tubuh kita berfungsi untuk membantu organ vital lain dalam proses pembuatan hormon di dalam tubuh. Adapun di antaranya ialah insulin, sebagai contoh hormon yang mengatur gula darah. Dalam proses pembuatan insulin akan melibatkan interaksi antara organ pankreas dan hati. Hormon lainnya adalah secretin yang akan membantu proses pencernaan dengan merangsang pankreas dan usus untuk menciptakan cairan yang diperlukan selama proses pencernaan berlangsung.

3. Menyeimbangkan cairan

Protein dapat menyeimbangkan cairan didalam tubuh dalam kondisi seimbang. Kekurangan protein dapat menyebabkan penumpukan cairan diperut seperti yang terjadi kepada pasien busung lapar.

4. Membentuk antibodi

Protein membantu tubuh membentuk imunoglobulin yang biasa dikenal sebagai antibodi. Antibodi berperan penting untuk melawan infeksi bakteri atau virus. Selain itu, antibodi juga membantu tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit dari bakteri atau virus yang sama di kemudian hari. Setelah tubuh Anda menghasilkan antibodi terhadap bakteri atau virus tertentu, sel-sel imun dalam tubuh tidak akan pernah lupa cara memproduksinya kembali. Jadi, jika nantinya bakteri atau virus tersebut menyerang kembali, tubuh Anda akan bisa melawannya dengan lebih cepat.

5. Menyeimbangkan pH

Peran lainnya yang dijalankan protein adalah mengatur konsentrasi asam dan basa dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Keseimbangan antara asam dan basa diukur menggunakan skala pH yang berkisar dari 0 sampai 14. Dari rincian 0 yang paling asam, 7 cenderung netral dan 14 yang paling basa. Salah satu cara tubuh mengatur pH adalah dengan protein.

6. Alat Tranportasi Nutrisi dan Molekul Tubuh

Tugas protein yang lainnya bagi kesehatan tubuh adalah sebagai pengangkut molekul dan nutrisi tertentu. Misalnya, haemoglobin yang merupakan protein pengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Haemoglobin bertugas untuk mengambil oksigen dari paru-paru, kemudian saat sel darah merah bergerak mengelilingi tubuh, haemoglobin melepaskan oksigen ke sel jaringan tubuh.

7. Sebagai Sumber Energi

Energi adalah komponen utama yang dibutuhkan agar manusia dapat terus bergerak dan beraktivitas menjalankan kewajibannya sehari-hari. Manfaat protein bagi tubuh yang utama adalah sebagai sumber energi, sama seperti karbohidrat dan lemak. Dalam hal kelebihan asupan, protein mirip dengan karbohidrat. Jika kamu mengonsumsi lebih banyak protein daripada yang dibutuhkan tubuh untuk perawatan jaringan dan fungsi penting lainnya, maka tubuh akan mengalihkan kelebihan protein itu dalam bentuk lemak dan akan menjadi sumber energi cadangan untuk tubuh.

Nah banyak kan fungsi protein bagi tubuh kita. Protein ternyata mempunyai peranan cukup vital bukan hanya sebagai sumber energi. Untuk mengoptimalkan fungsi tubuh, kita harus mengonsumsi protein dengan cukup. Asupan yang cukup ini bergantung pada berbagai faktor, termasuk berat badan. Jika telah memiliki bobot ideal, penuhilah asupan 56-91 gram protein bagi laki-laki, dan 46-75 bagi perempuan.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 06.58

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Fungsi Protein Itu Apa sih? Ini jawabannya yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top