Cara Menggunakan Soda Api untuk WC yang Mampet

WC mampet merupakan masalah klasik yang bisa menimbulkan kejengkelan pagi hari. Bayangkan saja jika wc mampet ini terus di biarkan tanpa di lakukan penanganan maka bisa mendatangkan masalah besar lain nya seperti wc atau kamar mandi yang tidak dapat di gunakan. Sumbatan pada toilet atau WC bisa dikarenakan oleh benda non organic yang tidak sengaja masuk ke saluran pembuangan seperti plastic bekas sampo, mainan anak-anak, pembalut, punting rokok, dan lain-lain. Sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk memanggil jasa sedot WC atau tukang reparasi pipa kamar mandi, sebenarnya masalah toilet mampet masih bisa diatasi sendiri, kok. Caranya dengan menggunakan soda api. Berikut akan dibahas cara menggunakan soda api untuk wc yang mampet.

cara menggunakan soda api untuk wc yang mampet
Cara menggunakan soda api untuk wc yang mampet


Soda api menjadi pilihan yang kuat untuk mengatasi WC mampet yang menyebalkan. Soda api atau soda kaustik ialah nama lain dari bahan kimia sodium hidroksida atau natrium hidroksida NaOH. Soda api bereaksi dengan air membentuk gelembung gelembung yang membantu menghancurkan penyumbatan organik, sekalipun berwujud padat , soda api tidak akan mengendap di pipa pembuangan air atau septic tank karena bahan ini larut dalam air. Soda api lebih mudah di gunakan dan lebih aman akan tetapi perhatikan petunjuk keselamatan ketika menggunakan nya, untuk takaran pastinya jumlah soda api.

Cara Menggunakan Soda Api untuk WC yang Mampet

  • Lakukan langkah langkah keselamatan , kenakan sarung tangan karet, masker , hidung , mulut , pelindung mata, buka pintu dan jendela kamar mandi
  • Pastikan mangkuk WC tidak tergenangi air jauh di atas batas ketinggian normal , jika mangkuk WC terlalu penuh, tunggu hingga air nya surut dan kembali ke ketinggian yang semestinya
  • Tuangkan sekitar setengah cangkir soda api ke lubang WC menggunakan penyendok berbahan plastik
  • Tidak perlu menambahkan air karena air di dalam saluran sudah cukup untuk memancing reaksi soda api
  • Diamkan soda api bereaksi dengan air selama 10 menit
  • Tes apakah wc sudah terbebas dari penyumbatan dengan menuangkan sejumlah air ke dalam nya
  • Jika masalah masih terjadi , maka ulangi langkah 2-6 dengan soda api yang di tambah da durasi yang lebih panjang, akan tetapi sebaiknya tidak menambahkan soda yang berlebihan

Peringatan keselamatan

  • Soda api dapat menyebabkan luka bakar pada kulit jadi gunakan dengan hati hati
  • Kenakan sarung tangan karet untuk menghindari kontak antara kulit dan soda api
  • Jika menganai kulit segera cuci kulit di bawah air yang mengalir sebanyak mungkin
  • Reaksi soda api dan air tampak seperti air mendidih di sertai letupan letupan kecil
  • Kenakan masker hidung atau mulut agar gas hasil reaksi tidak terhirup
  • Gunakan pelindung mata dan jauhkan wajah saat menuangkan soda api ke dalam lubang wc untuk menangkal percikan hasil reaksinya

Hal-Hal yang Harus Dihindari Agar WC Tidak Mampet

Untuk menjaga saluran WC agar tetap lancar, maka kamu harus menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan saluran WC mampet. Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari agar WC tidak mampet:

  1. Jangan membuang sampah plastik ke dalam lubang WC. Sediakan tempat sampah di WC atau pun kamar mandi untuk menghindari membuang sampah plastik ke dalam WC.
  2. Jangan membawa mainan anak ke dalam kamar mandi, karena dikhawatirkan dapat terjatuh kedalam lubang WC. Jika sudah terlanjur masuk ke dalam WC sebaiknya langsung diambil agar terhindar dari WC mampet.
  3. Jangan membuang pembalut ke dalam WC. Himbauan seperti ini kerap ditemukan di toilet-toilet khususnya toilet wanita. Sama halnya dengan sampah plastik, sampah pembalut merupakan salah satu penyebab seringnya WC mampet. Sebaiknya sediakan tempat sampah untuk menghindari membuang sampah ke dalam WC.
  4. Meskipun tisu dan kertas termasuk salah satu bahan yang cukup mudah diurai oleh soda api, tapi sebaiknya hindari membuang sampah tisu dan kertas ke dalam WC.
  5. Cek berkala septic tank, agar jika sudah penuh bisa segera dikosongkan kembali untuk menjaga agar WC tetap lancar.

Itulah cara menggunakan soda api untuk mengatasi saluran WC yang mampet. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat menggunakan soda api ketika menangani saluran WC yang tersumbat ya. Dan hindari hal-hal yang dapat menyebabkan WC mampet.

Jika kamu mempunyai pengalaman dalam menangani WC yang mampet baik menggunakan soda api atau dengan cara yang lain, kamu bisa bagi pengalaman kamu di komentar.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 08.07

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Menggunakan Soda Api untuk WC yang Mampet yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top