Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut

Rasa pahit di lidah atau rasa tidak enak di mulut bisa menjadi reaksi normal untuk makan makanan yang pedas atau asam. Namun saat rasanya bertahan lama atau terjadi secara tak terduga, Anda perlu memperhatikannya. Memahami penyebabnya dapat membantu menemukan cara untuk mencegah atau mengobati kondisi mulut terasa pahit. Meski tidak berbahaya, rasa pahit pada mulut bisa mengganggu lho.  Mulut mungkin terasa pahit karena beberapa alasan, termasuk gangguan asam lambung, konsumsi obat-obatan tertentu, atau masalah gigi dan gusi. Mulut yang pahit juga bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan dan tidak ingin meminum air. Padahal, tubuh manusia perlu mengonsumsi cukup air setiap hari. Namun, tidak perlu khawatir, ini ada beberapa tips caramenghilangkan rasa pahit di mulut.

cara menghilangkan rasa pahit di mulut

Berikut beberapa cara menghilangkan rasa pahit di mulut:

Minum cukup air putih

Dilansir Cleveland Clinic, usahakan untuk minum cukup air putih setiap hari, terlebih saat sakit. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat membuat rasa pahit di mulut saat sakit terasa lebih parah. Untuk itu, pastikan minum air putih setidaknya enam sampai delapan gelas per hari

Kumur dengan larutan soda kue dan makan lemon

Cara kedua yaitu kumur-kumur memakai larutan dari campuran 1 sdt soda kue dan air. Cobalah kumur beberapa saat, lalu bilas dengan air putih. Atau, perbanyak konsumsi buah jeruk serta lemon. Rasa asam buah dapat merangsang indera perasa sekaligus menghilangkan rasa pahit di mulut.

Konsumsi cukup buah

Makan buah-buahan secara teratur dapat membantu sistem tubuh manusia dan juga membantu meningkatkan selera setelah alami sakit. Ketika rasa pahit di lidah saat sakit terjadi, dokter menyarankan untuk mengonsumsi banyak buah. Buah-buahan seperti jeruk, pepaya, stroberi, lemon serta pisang bisa jadi pilihan.

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan rasa pahit di mulut, lho. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menggunakan lidah buaya. Pertama, gunakan jus lidah buaya untuk berkumur selama 5 menit. Kedua, Anda bisa minum ½ gelas jus lidah buaya. Supaya hasilnya lebih maksimal, cobalah untuk melakukan cara tersebut dua kali dalam sehari.

Cegah Asam Lambung Naik

Cegah asam lambung naik Penyebab mulut terasa pahit juga bisa berasal dari penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Asam lambung yang naik dari perut ke kerongkongan dapat menyebabkan mulut terasa pahit. Untuk itu, cara menghilangkan mulut terasa pahit juga perlu mencegah asam lambung naik. Coba ubah pola makan dan gaya hidup jadi lebih sehat. Hindari makan berlebihan, makan dengan porsi kecil tapi sering, serta tidak makan sebelum tidur. Hindari makanan dan minuman pemicu asam lambung naik seperti makanan pedas dan asam, kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya.

Menyikat lidah

Cara lain untuk mengatasi mulut pahit yakni membersihkan lidah. Pasalnya, lidah juga bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri seperti halnya gusi dan gigi. Menumpuknya bakteri pada reseptor pengecap lidah akan menyebabkan bau mulut serta masalah kesehatan mulut dan gigi lainnya. Membersihkan lidah akan membantu menyingkirkan bakteri penyebab bau dan pahit pada mulut. Namun, pastikan Anda menggunakan alat khusus pembersih lidah dan jangan membersihkan lidah dengan sikat gigi.

Menjaga Kebersihan Gigi

Selain berbagai cara yang sudah disebutkan di atas, menjaga kebersihan gigi ternyata juga ampuh untuk mencegah penumpukan bakteri sekaligus membantu menyingkirkan rasa pahit pada mulut Anda. Kebiasaan yang satu ini mudah dilakukan. Anda cukup menyikat gigi dua kali sehari saat bangun pagi dan sebelum tidur. Selain itu, jangan lupa rutin melakukan flossing gigi secara teratur setidaknya sekali sehari. Pastikan juga memilih pasta gigi yang ampuh melindungi gigi dan menyegarkan mulut. Pasta gigi Pepsodent Action 123 Herbal dapat membantu melindungi dari gigi berlubang sekaligus menyegarkan rongga mulut. Pepsodent Action 123 Herbal mengandung daun sirih yang dikenal sebagai antibakterial alami, jeruk nipis, serta garam yang dikenal sebagai bahan alami dengan manfaat yang besar untuk mulut dan gigi.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 08.57

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top