Demokratisasi

Demokratisasi adalah proses prubahan dari struktur dan tatanan pemerintahan yang otoriter kearah struktur dan tatanan yang demokratis. Demokratisasi merupakan proses di lakukannya di versifikasi kekuasaan untuk meniadakan kesenjagan hak-hak politik warga negara serta memperluas hak warga negara untuk bersuara dan berpendapat dengan demikian prinsip "setiap keputusan harus di bicarakan bersama dan pelaksanaan atas keputusan itu didesentralisasikan" menjadi elemen penting dalam proses demokratisasi.
Berbagai studi tentang demokratisasi menemukan bahwa proses ini muncul karena terjadinya kesenjangan yang makin melebar antara demokrasi formal dan demokrasi subtansial yang di rasakan oleh masyarakat: makin sempitnya ruang partisipasi bagi masyarakat akibat pilihan pola dan strategi pembangunan ekonomi nasional serta ada pelaku politik yang berinisiatif menyatukan berbagai kekuatan demokratik yang terpendam dalam masyarakat, Masyarakat di buat sumpek, suntuk, oleh admosfer perubahan dimana mereka tidak memiliki ruang yang cukup terlibat aktif menentukan perubahan yang terjadi. Demokratisasi yang terjadi di Asia maupun Eropa Selatan memberi bukti bahwa proses ini berawal dari "keberhasilan" program pembangunan ekonomi nasional yang tidak di ikuti dengan kebijakan melongarkan ruang pertisipasi untuk menampung aktor-aktor baru dalam politik.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 03.04

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Demokratisasi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top