Pengertian Epidemiologi

Pengertian Epidemiologi - Epidemiologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri kata Epi yang berarti pada atau tentang, kata demos yang berarti penduduk, dan kata logia/logos yang berarti ilmu mengenai kejdiaan yang menimpa penduduk. Sebagai ilmu yang selalu berkembang, Epidemiologi senantiasa mengalami perkembangan pengertian dan karena itu pula mengalami modifikasi dalam batasan/definisinya. Beberapa definisi telah di kemukakan oleh para pakar epidemiologi dan organisasi internasional diantaranya adalah:
Penyakit DBD disebabkan oleh gigitan nyamuk

  1. Greenwood (1934) Menurut Greenwood, Epidemologi mempelajari tentang penyakit dan segala macam kejadian yang mengenai kelompok (herd) penduduk. Greenwood memberikan penekanan pada kata Kelompok Penduduk yang mengarah kepada Distribusi suatu penyakit.
  2. Brian Mac Mahon (1970) Menurut Brian Mac Mahon, Epidemiologi adalah Studi tentang penyebaran dan penyebab frekuensi penyakit pada manusia. Pada pengertian yang dikemukakan oleh Brian sudah mulai memasuki aspek Distribusi Penyakit dan mencari penyebab dari suatu penyakit.
  3. Wade Hampton Frost (1972) Wade Hampton Frost mendefinisikan Epidemiologi sebagai suatu pengetahuan tengtang fenomena massal (mass fenomen) penyakit in feksi atau sebagai riwayat alamiah (natural history) penyakit menular. Perhatian epidemiologi pada saat itu di tunjukan kepada masalah penyakit infeksi yang terjadi/mengenai masyarakat/massa.
  4. Anders Ahlbom dan Staffan Norel (1989) Anders Ahlbom dan Staffan mendefinisikan Epidemiologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari terjadinya penyakit pada poppulasi manusia.
  5. Gary D. Friedman (1974) Menurut Gary D. Friedman, Epidemiology is the study of desease occurance in human population.
  6. Abdel R. Omran (1974) Menurut Abdel R. Omran, Epidemiologi adalah suatu ilmu mengenai terjadinya dan distribusi keadaan kesehatan, penyakit dan perubahan pada penduduk, begitu juga determinan serta akibat-akibat yang terjadi pada kelompok penduduk.
  7. Last (1988) Menurut Last, Epidemiologi is study of the distribution and determinants of health-related state or events in specified population and the application of this study to control of problems.
  8. Center Of Disease Control (CDC) 2002 Menurut CDC, Epidemiologi adalah studi yang mempelajari distribusi dan determinan penyakit dan keadaan kesehatan pada populasi serta penerapannya untuk mengendalikan masalah-masalah kesehatan. Dari penegrtian ini, jelas bahwa Epidemiologi adalah suatu Studi dan studi itu adalah Riset.
  9. Word Health Organization (WHO) dalam Regional commite Nacting ke 42 di Bandung Menurut WHO, Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari distribusi dan determinan dari peristiwa kesehatan dan peristiwa lainnya yang berhubungan dengan kesehatan yang menimpa sekelompok masyarakat dan menerapkan ilmu tersebut untuk memecahkanmaslah-masalah tersebut.
Selain yang dikemukakan para ahli, pengertian epidemilogi juga dapat ditinjau dari:
  • Aspek akademik, Secara akademik, Epidemiologi berarti analisa data kesehatan, sosial-ekonomi, dan trend yang terjadi untuk mengidentifikasi dan menginterpretasi perubahan kesehatan yang terjadi atau akan terjadi pada masyarakat umum atau kelompok penduduk tertentu.
  • Aspek klinik. Ditijau dari aspek klinik, Epidemiologi berarti suatu usaha untuk mendeteksi secara dini perubahan insidensi atau prevalensi yang dilakukan melalui penemuan klinis atau laboratorium pada awal timbulnya penyakit baru dan awal terjadinya epidemi.
  • Aspek praktis. Secara praktis epidemiologi berarti ilmu yang ditujukan pada upaya pencegahan penyebaraan penyakit yang menimpa individu, kelompok penduduk dan masyarakat umum.
  • Aspek administrasi. Epidemiologi secara administrasi berarti suatu usaha mengetahui keadaan masyarakat di suatu wilayah atau negara agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


Jadi dapat disimpulkan, Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari penyakit atau masalah kesehatan yang terjadi masyarakat atau kelompok masyarakat (bukan individu). Kunci dari ilmu epidemiologi itu adalah ditemukannya penyebab (penyebab penyakit dan penyebab masalah kesehatan atau masalah kesehatan). Penyakit itu sendiri ada yang menular ada juga yang tidak menular. Khusus penyakit tidak menular yang perlu diketahui pada dasarnya adalah faktor risikonya. 


 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 04.23

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Epidemiologi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top