Pengertian National Health Account (NHA)

Pengertian National Health Account (NHA) - National Health Account (NHA) adalah suatu alat yang penting jika suatu negara ingin mengetahui berapa besar biaya kesehatan yang telah di keluarkan, jenis pelayanan apakah yang dikeluarkan, dan siapakah yang mengeluarkan biaya tersebut. Informasi dari NHA berguna bagi pemegang kebijakan untuk memantau pola pendanaan kesehatan sehingga kebijakan yang dibuat dapat lebih memihak kepada publik secara efektif dan efesien. Dengan demikian, informasi NHA pada tingkat nasional dan DHA (district healt account) pada tingkat kota/kabupaten seyogyanya tersedia setiap tahun secara kontinu dan konstinten. Secara sederhana, NHA merupakan berbagai institusi dalam menyediakan layanan kesehatan langsung maupun tidak langsung (WHO, 2003).
National Health Account Dari WHO tahun 2010
Muangtai (Thailand) telah mengembangkan  NHA yang kemudian menunjukkan bahwa berdasarkan data-data keuangan yang telah tersedia secara nasional, belanja kesehatan tidak mencukupi kebutuhan. Darai data NHA tersebut, kemudian para pengambil kebijakan menentukan kebijakan pendanaan baru (Tangcharoesathien, 1999). Di Indonesia data keuangan dalam bentuk alokasi belanja pembangunan kesehatan yang berada di Depkeu/Bappenas/Bappeda tidak cocok dengan matrix tabel NHA. Demikian juga data yang tersedia pada badan Statistik Nasional belum dapat memenuhi kebutuhan untuk pendanaan kesehatan di Indonesia secara langsung. Oleh karena itu, untuk sampai pada evidence base policy dalam pendanaan kesehatan, Indonesia masih membutuhkan langkah-langkah mendasar yang memungkinkan tersedianya informasi pendanaan dan belanja kesehatan dalam NHA Indonessia. 
National Health Account di kembangkan untuk mendapatkan informasi tentang alur pendanaan kesehatan yang di mulai dari sumber-sumber pendanaan kesehatan suatu Negara, sampai dengan bagaimana biaya tersebut di gunakan dan kepada siapa biaya tersebut ditujukan. Hal ini dimaksudkan agar pengeluaran jumlah biaya yang di butuhkan untuk pelayanan kesehatan secara nasional dapat di ketahui, dan semua biaya kesehatan tersebut dapat dimamfaatkan secara efektif kepada sasaran dan efisien dalam pengalokasiaannya, serta dimungkinkannya adanya mobilisasi dana dari sumber-sumber yang potensial di kembangkan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 22.44

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian National Health Account (NHA) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top