Pengertian Populasi

Pengertian Populasi - Kata populassi berasal dari bahasa Latin, yaitu populus yang berarti rakyat atau penduduk (Irwan, 1992). Dalam ilmu ekologi, yang dimaksud dengan ekologi adalah sekelompok individu yang sejenis atau sama spesiesnya (Irwan, 1992; Heddy, Soemitro, dan Soekartomo, 1986; Odum,1993). Menurut Resosoedarmo dkk. (1986), populasi merupakan kelompok organisme sejenis yang hidup dan berbiak pada suatu daerah tertentu, misalnya populasi manusia di Jakarta pada tahun 2002, populasi gajah di Taman Nasional Way Kambas pada tahun 2002, populasi badak di Ujung Kulong pada tahun 2000, populasi pohon jati diperkebunan Purwakarta pada tahun 1991. Di dalam menyebut batas waktu dan tempatnya. Dengan demikian, populasi merupakan kelompok kolektif organisme dari spesies sama yang menempati ruang dan memiliki ciri yang merupakan milik kelompok.

Populasi Ikan di Laut


Populasi Gajah setiap tahun berkurang


Populasi Pinguin di Kutub Utara

Suatu orgnissme tidak dapat hidup sendirian, akan tetapi harus hidup bersama-sam dengan organisme lain, baik dengan organisme yang sejenis maupun dengan organisme yang tidak sejenis dalam ssuatu tempat tumbuh atau habitat. Berbagai organisme besar ataupun kecil yang hidup disuatu tempat tumbuh akan bergabung dalam suatu persekutuan yang disebut komunitas biotik. Menurut Resosoedarmo dkk. (1986), semua komponen komunitas biotik terikat oleh adanya ketergantungan antaraanggota-angotanya sebagai suatu unit. Komunitas biotik ini terdiri atas kelompok-kelompok kecil yang anggota-anggotanya bergabung secara erat satu sama lain, sehingga masing-masing kelompok kecil ini menjadi lebih bersatu. Masing-masing kelompok kecil dalam komunitas biotik dinamakan populasi. Pada populasi ini mempunyai tingkat organisasi yang lebih tinggi dari pada individu-individu organisme dan merupakan kesatuan yang nyata karena memiliki ciri atau karakteristik unik yang memiliki populasi dan bukan milik inddividu dalam populasi (Resosoedarmo dkk., 1986; Irwan, 1992).

Sebuah populasi memiliki karakteristik yang berbeda dari populasi lainnya. Menurut Gopal dan Bharwaj (1979), karakteristik yang dimiliki populasi antara lain densitas (angka kematian), laju kenaikan populasi, umur dan sex ratio, serta agregasi. Densitas populasi adalah besar populasi dalam suatu unit ruang, yang pada umumnya dinyatakan sebagai jumlah individu dalam setiap unit luas atau volume (Gopal dan Bharwaj, 1979). Densitas populasi ini disebut kerapatan atau kepadatan populasi (Irwan, 1992).Natalitas, yaitu reproduksi individu baru dari suatu populasi (Ghopal dan Bhardwaj, 1979). Menurut Odum (1993), natalitas atau angka kelahiran, yaitu kemampuan populasi untuk bertambah. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 01.52

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Populasi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top