Pengertian Komputer

Pengertian Komputer - Secara umum komputer didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi, dan dapat menjalankan program yang tersimpan dalam memori yang bekerja dengan suatu aturan tertentu. Komputer, merupakan mesin yang dapat bekerja optimal, berhitung atau berkomunikasi secara elektronik, yang dikendalikan oleh intruksi suatu program. Program ini tersimpan dalam memori komputer yang dapat dipanggil kembali untuk melakukan suatu proses, dimana hasil dari proses ini akan ditampilkan monitor ataupun printer.

Komputer

Kumpulan Beberapa Komputer

Beberapa definisi komputer menurut ahli:
  1. Hamacher berpendapat bahwa komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dalam memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  2. Jhon J. Longkutoy berpendapat bahwa komputer adalah alat pengolah data atau pemecah persoalan yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan, tetapi penanganannya harus ditangani oleh ahlinya.
  3. Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
  4. Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
  • menerima input,
  • memproses input tadi sesuai dengan programnya,
  • menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan,
  • menyediakan output dalam bentuk informasi.
Komputer berasal dari bahasa latin, computare berarti 'menghitung' dan dalam bahasa Inggris, to compute. Komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat hitung, penggunaannya juga sudah sangat luas baik di supermaket pada kassa yang dapat mendeteksi harga barang melalui bercode ataupun telepon sebagai pendeteksi pulsa telepon dan menghubungkan komputer dengan internet. Sekarang ini komputer mampu memberikan informasi dan menghubungkan komputer dengan internet. Sekarang ini komputer mampu memberikan informasi dan sebagai media telekomunikasi dengan menggunakan jaringan internet. Dalam dunia bisnis, komputer mampu mendeteksi barang dengan barcode dan scanner, transfer uang dengan elektronik. Di perumahan komputer dapat berfungsi sebagai sistem pengamanan (security system). Komputer dalam dunia otomotif (automobile) digunakn sebagai penunjuk kapasitas bahan bakar. Komputer dalam dunia entertaiment, membentu membuat digital suara dengan stereo dan membantu membuat gambar animasi.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 14.58

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Komputer yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top