Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah - Istilah sejarah berasal dari bahasa Arab, yakni dari kata syajaratun (dibaca syajarah), yang memiliki arti pohon kayu. Pengertian pohon kayu di sini adalah adanya suatu kejadian, perkembangan atau pertumbuhan tentang suatu hal (peristiwa) dalam suatu kesinambungan (kontuinitas). Selain itu, ada pula peneliti yang menganggap bahwa arti syajarah tidak sama dengan kata sejarah, sebab sejarah bukan hanya bermakna sebagai pohon keluarga, asal-usul, atau silsilah. Walaupun demikian, diakui bahwa ada hubungan antara kata syajarah dengan kata sejarah, seseorang yang mempelajari sejarah berkaitan dengan cerita, silsilah, riwayat, dan asal-usul tentang seseorang atau kejadian Sjamsuddin, 1996: 2). Dengan demikian, pengertian sejarah yang dipahami sekarang ini dari alih bahasa Inggris, yakni history yang bersumber dari bahasa Yunani kuno historia (dibaca istoria) yang berarti belajar dengan cara bertanya-tanya. Kata historia diartikan sebagai telahan mengenai gejala-gejala (terutama hal ikhwal manusia) dalam urutan kronologis (Sjamsuddin dan Ismaun, 1996: 4).

Pidato Soekarno takkan pernah terlupa dan tercatat dalam sejarah sebagai bapak presiden pertama Indonesia


Sejarah perlawan kaum pribumi terhadap penjajah

Berbagai Sejarah di Dunia


Setelah menelusuri arti sejarah yang dikaitkan dengan arti bahwa syajarah dan dihubungkan pula dengan kata hystori, bersumberdari kata historia (bahasa Yunani kuno) dapat disimpulkan bahwa arti sejarah sendiri, sekarang ini memiliki makna sebagai cerita, atau kejadian yang benar-benar telah terjadi pada masa lalu. Depdiknas yang memberikan pengertian sejarah sebagai mata pelajarn yang menanamkan pengetahuan dan nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat Indonesia dan dunia dari masa lampau hingga kini (Depdiknas, 2003: 1). Namun, yang jelas kata kuncinya bahwa sejarah merupakan suatu penggambaran ataupun rekonstruksi peristiwa, kisah, maupun cerita, yang benar-benar telah terjadi pada masa lalu.

Sejarah sebagai peristiwa adalah sesuatu yang terjadi pada masyarakat manusia di masa lampau. pengertian masyarakat manusia dan masa lampau adalah sesuatu yang penting dalam definisi sejarah. Sebab kejadian yang tidak memiliki hubungan dengan kehidupan masyarakat manusia(dalam pengertian disini) bukanlah merupakan suatu peristiwa sejarah. Sebaliknya, peristiwa yang terjadi pada umat sekarang, bukan pula peristiwa sejarah. Karena itu, konsep siapa yang menjadi subjek dan objek sejarah serta konsep waktu, keduanya menjadi penting.

Sejarah sebagai ilmu dalam pengertiannya,kita mengenal definisi sejarah yang bermacam-macam, baik yang menyangkut persoalan kedudukan sejarah sebagai bagian dari ilmu social, sejarah sebagai bagian dari ilmu humaniora, maupun yang berkembang disekitar makna dan hakikat yang terkandung dalam sejarah yang akan dikemukakan oleh para sejarawan.

Sejarah sebagai cerita, pada hakikatnya, sejarah merupakan hasil rekonstruksi sejarawan terhadap sejarah sebagai peristiwa berdasarkan fakta-fakta sejarah yang dimilikinya. Dengan demikian, di dalamnya terdapat pula penafsiran sejarawan terhadap makna suatu peeristiwa. Perlu diketahui bahwa buku-buku sejarah yang kit abaca, baik buku pelajaran sekolah, karya ilmiah di perguruan tinggi, maupun buku-buku sejarah lainnya, pada hakikatnya merupakan bentuk-bentuk konkret sejarah sebagai peristiwa (Ismaun, 1993: 280).


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 00.54

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Sejarah yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top