Pengertian Statistik

Pengertian Statistik - Statistik pada dasarnya merupakanj alat bantu untuk memberi gambaran atas suatu kejadian melalui bentuk sederhana, baik berupa angka-angka maupun grafik-grafik. Mengingat peranannya sebagai alat bantu, maka perlu disadari bahwa kunci keberhasilan analisis statistik masih terletak pada pemakaiannya. Anggapan yang mengatakan bahwa statistik itu merupakan alat analisis yang paling canggih, maupun anggapan bahwa tanpa statistik, maka penelitian yang dilakukan kurang bisa dipertanggungjawaban, harus dibuang jauh-jauh.

Data Statistik

Berkenalan dengan Statistik

Penyajian Tabel dan Grafik Statistik

Disamping itu adapula anggapan bahwa statistik merupakan sesuatu yang sukar dipelajari (terutama bagiorang-orang sosial), juga tidak benar. Bahkan sebaliknya statistik merupakan sesuatu yang mudah dipelajari asal cara mempelajarinya tepat. Dan statistik bahkan membuat sesuatu yang sukar menjadi mudah.

Statistik bekerja sesuai dengan angka, oleh karenanya akan memaksa pemakai untuk terlibat dalam permainan angka-angka. Pada dasarnya angka bisa dipandang sebagai pernyatan verbal atas objek yang akan dikemukakan. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengatakan tidak familier dengan angka. Bukankah setiap orang (dewasa ini selalu berhubungan dengan masalah angka? Kalau seseorang dapat menghitung jumlah uang yang dimilikinya, maka suatu keyakinan buat diri saya untuk mengatakan bahwa orang tersebut akan dapat belajar statistik dan dapat menggunakan statistik.

Semula istilah statistik hanya merupakan sekumpulan angka-angka yang menggambarkan keadaan penduduk, pendapatan masyarakat, tingkat produksi pertanian pada suatu waktu tertentu. Dalam pengertian ini statistik hanya memberi gambaran masa lalu sampai dibuat gambaran tersebut.

Dewasa ini statistik tidak hanya merupakan sekumpulan angka-angka masa lalu saja, tetapi dengan statistik angka-angka yang terkumpul dapat digunakan untuk meramal kondisi dimasa yang akan datang. Disamping itu kondisi yang bisa digambarkan dengan statistik berkembang pula, termasuk di dalamnya kondisi pendidikan sosiologi, antropologi, dll. Perilaku manusia pun bisa dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik. Statistik juga mengandung penyederhanaan atas data yang besar, sehingga mempermudah pemakai dalam membaca data tersebut. Misalnya rata-rata penduduk Indonesia mempunyai anak sebanyak 4 orang, 60 % penduduk Indonesia berdomisili di pulau Jawa.

Statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisisi), penariakan kesimpulan, dan data-data yang berbentuk angka, dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 03.17

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Statistik yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top