Rabu, 25 Februari 2015

Pengertian Biologi

| Rabu, 25 Februari 2015
Pengertian Biologi - Biologi, sesuai dengan namanya (bios = hidup; logos = pengetahuan), adalah ilmu yang mengkaji dan mempelajari tentang kehidupan. Dengan kata lain, biologi adalah suatu studi tentang mahluk hidup dan berbagai teori yang mengungkap dan menjelaskan tentang dunia kehidupan.


Biologi Murni

Belajar Biologi

Biologi adalah ilmu yang secara spesifik mengkaji dan mempelajari tentang kehidupan, seperti mahluk hidup dan lingkungannya. Biologi merupakan sarana untuk membantu menjawab berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan alam kehidupan.

Seperti halnya para ilmuwan, kita pun dapat melakukan pengamatan terhadap mahluk hidup dengan cara yang berbeda. Misalnya dengan cara menonton program televisi tentang dunia hewan dan tumbuhan, berkunjung k kebun binatang dan kebun raya, memelihara hewan sebagai hewan kesayangan, serta merawat kebun. Melalui pengamatan tersebut kita akan memahami bahwa tumbuhan, hewan, dan manusia pada dasarnya memiliki beberapa ciri yang sama.

Pada dasarnya mempelajari biologi membantu kita untuk mengerti tentang perilaku dan diri kita sendiri. Bagi sebagian besar di antara kita mungkin yang lebih menarik dari biologi adalah mempelajari diri kita sendiri. Biologi juga dapat melakukan berbagai hal untukmu. Pertama, biologi menawarkan suatu kesempatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan tentang dirimu sendiri dan benda hidup lainnya yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Selama kamu memanfaatkan dunia ilmu pengetahuan tersebut, kamu akan memperoleh pemahaman yang baru tentang dunia kehidupan. Pemahaman tersebut pada akhirnya akan dapat menyebabkan segala sesuatu tentang dirimu menjadi lebih menarik sepanjang hidup.

Kedua, biologi dapat membantu untuk melihat dunia dan alam kehidupan ini sebagaimana yang dilakukan oleh para ilmuwan. Dengan biologi mereka dapat melihat dan menjawab pertanyaan sesuai dengan fakta dan menolak berbagai kepercayaan atau pendapat-pendapat yang tidak logis. Untuk itu, kamu harus mengembangkannya dengan cara-cara ilmiah.

Manfaat mempelajari biologi lainnya adalah sebagai pengetahuan dasar untuk beberapa bidang dan profesi. Misalnya, bidang pertanian, kesehatan, perkebunan, dan semua yang berkaitan dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-hari. Dokter, perawat, ahli peternakan, ahli obat-obatan, dan teknis laboratorium rumah sakit harus memiliki latar belakang biologi sebagai langkah persiapan di dalam profesi mereka. Artinya, biologi dapat membantumu dan ribuan siswa lainnya dalam menemukan satu profesi yang diinginkan. Biologi mungkin juga membantumu untuk menangungkap keterampilan yang kamu miliki.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar