Pengertian Metropolitan Area Nettwork (MAN)

Pengertian Metropolitan Area Nettwork (MAN) - Metropolitan Area Netwoerk (MAN) merupakan sistem jaringan komputer yang mempunyai area kerja antarkota dalam satu provinsi. Area jaringan MAN lebih besar daripada area jaringan LAN. Jaringan MAN berguna untuk membangun jaringan di kantor-kantor dalam wilayah satu kota, gedung, pabrik, kampus, dan kantor pusat yang masih berada dalam area jangkaunnya. Dalam hal ini, jaringan berhubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, seperti jaringan Bank BRI di kota Solo yang bisa berhubungan dengan anak cabang di Sukoharjo.

MAN

MAN

Didalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output. Namun ada alasan utama untuk memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.

MAN dapat melingkupi kawasan yang lebih luas dibanding dengan LAN. Jaringan MAN biasanya dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah sekolah ataupun di sebuah daerah. Dengan menjalankan suatu jaringan keterhubungan yang besar, informasi dapat disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna. Perpustakaan-perpustakaan umum dan agen-agen pemerintahan biasanya menggunakan MAN.

Beberapa teknologi yang digunakan untuk tujuan ini adalah Asynchronous Transfer Mode (ATM), FDDI, dan SMDS. Teknologi ini sekarang dalam proses digantikan oleh Ethernet berbasis koneksi (misalnya, Metro Ethernet) di kebanyakan daerah. MAN menghubungkan antara jaringan area lokal yang telah dibangun tanpa kabel baik menggunakan microwave, radio, atau laser link infra-merah. Sebagian besar perusahaan menyewa atau meminjam sirkuit dari operator umum karena peletakan kabel panjang secara membentang berbiaya mahal.

Keuntungan MAN:
  • Metropolitan Area Network bisa melingkupi kawasan yang lebih luas jika dibandingkan dengan Local Area Network (LAN). Melalui MAN informasi bisa disebarkan dengan lebih cepat, dan meluas.
  • Server kantor pusat bisa berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Komunikasi antar kantor dapat melalui chatting, e-mail, serta Video Conference (ViCon).
  • Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate pada saat itu juga, contohnya ATM Bank untuk wilayah nasional).
Kerugian MAN:
  • Untuk Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
  • Memerlukan biaya operasional mahal.
  • jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting) untuk mengatasinya sangat rumit.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.35

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Metropolitan Area Nettwork (MAN) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top