Pengertian Gen atau Genetika

Pengertiann Gen atau Genetika - Genetika adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat-sifat mahluk hidup dari induk kepada keturunannya. Misalnya, adanya kesamaan ciri dan sifat yang kamu miliki dari satu keluarga.

Dasar Genetika

Genetika


Setelah ditemukan mikroskop electron, mikrotom electron, dan peralatan canggih lainnya, akhirnya diketahui bahwa setiap jenis mahluk hidup memiliki komponen pembawa sifat menurun. Komponen tersebut tersusun dari ribuan factor kebakaan yang mengatur diwariskannya sifat-sifat tersebut. Faktor inilah yang kita sebut dengan gen.

Gen terdapat di lokus gen pada kromosom atau di dalam inti sel setiap mahluk hidup. Setiap individu dapat memiliki kerangka dasar gen yang sama. Akan tetapi, komposisi (susunan) perangkat gen masing-masing individu dapat berbeda-beda bergantung pada tetua yang menurunkannya. Itulah sebabnya, individu-individu yang terdapat dalam satu jenis dapat saja memiliki ciri dan sifat yang berbeda satu dengan lainnya. Contohnya, pada manusia ada perbedaan dalam tampilan fisik, seperti bentuk hidung, warna kulit, bentuk bibir, bentuk rambut (lurus, keriting, dan berombak) atau berupa sifat-sifat yang tidak tampak, seperti bakat. 

Perangkat gen mampu berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam hal ini, factor lingkungan dapat memberi pengaruh terhadap kemunculan ciri atau sifat suatu individu. Misalnya, dua individu memiliki perangkat gen yang sama, tetapi hidup di lingkungan yang berbeda sehingga kedua individu tersebut dapat memunculkan ciri dan sifat yang berbeda. Keadaan sebaliknya dapat juga terjadi, dua individu memiliki perangkat gen yang berbeda, tetapi hidup di lingkungan yang sama dapat pula memunculkan ciri dan sifat yang hamper serupa.

Dengan demikian, jelaslah bahwa pada mahluk hidup yang tergolong satu jenis pun masih terjadi keberagaman dalam susunan gen sehingga memunculkan variasi antarindividu. Begitu banyakkemungkinan susunan gen pada setiap individu dalam satu spesies menyebabkan tidak adanya individu yang benar-benar sama dalam segala hal, meskipun saudara kembar. Keadaan inilah yang disebut sebagai keanekaragaman individu yang terjadi akibat keanekaragaman pada tingkat gen. Melakukan beberapa percobaan dapat membantu kamu untuk lebih memahami tentang terjadinya keanekaragaman pada tingkat gen.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 18.04

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Gen atau Genetika yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top