Selasa, 03 Maret 2015

Pengertian Liken

| Selasa, 03 Maret 2015

Pengertian Liken - Liken merupakan suatu bentuk mutualisme antara jamur kantong  (divisi Ascomycota) atau jamur gada (divisi Basidiomycota) dengan ganggang hijau atau ganggang biru-hijau. Dalam hubungan tersebut jamur memperoleh makanan dari hasil fotosintesis ganggang, sedangkan ganggang memperoleh air dan mineral dari jamur. Liken dan lumut kerak kita temukan pada kulit pohon, genteng, batu-batuan, atau candi. Liken tersebut tampak berwarna abu-abu atau hijau.

Liken

Yapraksı liken
Pada umunya, liken berbentuk talus yang tipis. Pada irisan meelintang talus tampak bagian luarnya berupa miselium yang kompak dan di sebelah dalamnya terdapat hifa yang susunannya tidak kompak. Di antara struktur luar dan dalam tersebut terdapat sel-sel atau koloni ganggang.

Liken melekat pada batu-batuan dengan menggunakan rizoidnya. Jika terjadi perubahan cuaca dan kelembapan, maka liken akan melepaskan fragmen talus dan zat kimianya sehingga dapat melpukkan permukaan batuan. Itulah sebabnya liken disebut juga sebagai vegetasi perintis.

Ada tiga tipe utama liken, yaitu krustose, foliose, dan frutikose.
  1. Liken krustose, memiliki talus (tubuh) seperti kerak. Contohnya, Graphis, berbentuk colet-colet.
  2. Liken foliose, memiliki talus seperti daun. Contonya, parmelia.
  3. Liken frutikose, memiliki talus seperti semak. Contohnya, Usnea dasifoga, salah satu jenis liken yang dapat dimanfaatkan untuk obat-obatan.
Reproduksi liken dapat dilakukan secara seksual. Liken hanya bereproduksi secara aseksual, yaitu melalui fragmentasi. Pada proses reproduksi tersebut liken melepas fragmen-fragmen kecil yang disebut soredia. Soredia adalah unit reproduksi berupa sel ganggang yang terbungkus dengan hifa jamur. Selanjutnya, soredia (soredium) tersebar dan tumbuh membentuk talus yang baru pada tempat yang sesuai.

Liken biasanya bersifat sensitive terhadap beberapa jenis polutan yang berbahaya, misalnya zat readioaktif, fluoride, logam berat, bahan kimia pertanian, dan pestisida. Dengan melihat pertumbuhan liken seorang saintis dapat menentukan ada tidaknya polusi udara disekitar daerah tersebut. Biasanya liken bida hidup baik pada lingkungan yang terkontaminasi oleh polusi udara. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa liken berfungsi sebagai indicator biologis dalam ekosistem, khususnya sebagai indicator pencemaran udara.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar