Pengertian Hujan Asam

Pengertian Hujan Asam - Hujan Asam adalah Air hujan biasanya sedikit bersifat asam, dengan pH sekitar 5,7. Hal itu terjadi karena air hujan tersebut melarutkan gas karbon dioksida (CO2) yang terdapat dalam udara, membentuk asam karbonat (H2CO2). Air hujan dengan pH yang lebih rendah dari 5,7 disebut hujan asam.

Hujan Asam

Hujan Asam

Polutan yang menyebabkan hujan asam adalah oksida belerang (SO2 dan SO3) dan nitrogen dioksida (NO2). Oksida-oksida tersebut larut dalam air membentuk dalam asam. Hujan asam biasanya turun di kota-kota industry atau daerah sekitarnya. Akan tetapi, hujan asam mungkin saja terjadi di daerah yang berbeda beberapa kilometer dari daerah industry karena polutan tertiup angina.

Hujan asam menimbulkan berbagai masalah lingkungan, terutama terhadap tumbuhan, biota air, dan bangunan.

  1. Kerusakan lingkungan : hujan asam membawa akibat buruk pada tanaman. Hujan asam membilas unsur hara penting seperti kalsium dan magnesium. Hujan asam membuat tanah bersifat asam dan hal itu tidak baik bagi tumbuhan. Pada saat yang sama, hujan asam membebaskan ion aluminium yang merupakan racun bagi tumbuhan. Banyak hutan telah mengalami akibat hujan asam. Belerang dioksida (SO2) dalam bentuk gas juga dapat mematikan daun tumbuhan. 
  2. Kematian Biota Air : air di berbagai sungai dan danau telah menjadi asam karena hujan asam. Ikan dan tumbuhan air tidak dapat hidup dalam air yang bersifat asam. Ion alumunium dapat mengganggu keseimbangan ion dan pertukaran gas pada insang ikan, sehingga ikan akan menjadi kekurangan oksigen. Dewasa ini, ribuan sungai dan danau ditemukan tanpa kehidupan. Kesamaan air sungai dan danau tidak semata disebabkan hujan asam, tetapi juga mendapat air buangan yang bersifat asam. 
  3. Kerusakan bangunan : hujan asam berakibat buruk terhadap bahan bangunan biasa, seperti batu kapur, marmer, dan beton. Bahan bangunan tersebut, sedikit atau banyak, mengandung kalsium karbonat, (CaCO3). Kalsium karbonat larut dalam asam. Reaksinya dengan asam nitrat berlangsung sebagai berikut.
Beberapa cara berikut dapat dilakukan untuk menangani hujan asam.

  • Menetralkan asamnya,
  • Mengurangi emisi SO2,
  • Mengurangi emisi oksida nitrogen.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.48

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Hujan Asam yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top