Pengertian Burung

Pengertian Burung - Burung  adalah termasuk dalam kelas Aves dan beranggotakan lebih kurang 9.000 spesies. Burung tidak memiliki gigi dan hanya memiliki ekor, tetapi hewan ini memiliki kesamaan ciri dengan reptile. Misalnya, adanya sisik kaki, paruh yang keras, dan termasuk hewan ovipar yang menghasilkan telur amniotic bercangkang keras.

Burung Elang
Burung Nuri

Pada umumnya, mengklasifikasikan burung dilakukan berdasarkan atas tipe paruh dan kaki. Akan tetapi, ada juga yang mengklasifikasikan burung berdasarkan habitat dan tingkah lakunya. Dalam hal ini dikenal beberapa kelompok burung. Misalnya, kelompok burung pemburu (burung yang memiliki paruh menukik dan cakar tajam); burung pantai (burung yang memiliki paruh yang ramping dan tajam serta tungkai yang panjang); burung platuk ( burung yang memiliki paruh sepert5i pahat dengan tipe kaki menggenggam); burung air (burung yang memiliki jari bersirip dan paruh lebar); penguin (burung yang memodifikasi sayap seperti dayung); dan burung pengicau (burung yang memiliki tipe kaki untuk bertengger).

Burung merupakan satu-satunya hewan modern yang memiliki bulu pada sebagian besar tubuhnya. Ada dua jenis bulu, yaitu bulu terbang dan bulu bawah. Bulu bawah berguna untuk menghalangi hilangnya panas tubuh. Hal tersebut penting karena burung termasuk hewan homoterm, yaitu hewan yang memelihara suhu konstan dan relative tinggi sehingga tetap dapat aktif walau di cuaca dingin.

Berdasarkan susunan anatominya, bulu dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut.
  1. Plumae, merupakan bulu yang memberi bentuk dasar tubuh yang berada pada sayap dan ekor. Macam bulu ini berfungsi untuk terbang.
  2. Plumuae, merupakan bulu yang terdapat pada burung yang masih muda dan pada burung yang sedang mengerami telur. Macam bulu ini berfungsi sebagai isolator (misalnya, terhadap suhu).
  3. Filoplumae, merupakan bulu yang memiliki rambut. Bulu tersebut tumbuh diseluruh permukaan tubuh. Macam bulu ini berfungsi sebagai sensor.
Tubuh burung tidak sepenuhnya ditumbuhi oleh bulu. Sebagian permukaan kulit yang tidak berbulu disebut apteria, sedangkan yang berbulu disebut pterilae. Bentuk dan struktur tubuh burung sering dihubungkan dengan kemampuannya untuk terbang. Hal demikian berkaitan dengan dimilikinya tulang berongga yang sangat ringan. Paruh dapat menggantikan fungsi rahang. Tulang dada berukuran lebih sesuai dengan fungsinya sebagai penyeimbang tubuh. Pada tulang dada terdapat otot yang kuat untuk terbang.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 20.59

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Burung yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top