Pengertian Reptil

Pengertian Reptil - Reptil (bahasa Latin, repto = menjalar) termasuk dalam kelas Reptilia. Kelompok hewan ini beranggotakan sekitar 6.000 spesies. Reptil diyakini berasal dari hasil evolusi nenek moyang amfibi pada priodePermian. Reptil mendominasi kehidupan di bumi lebih kurang selama 170 juta tahun sejak era Mesozoik. Setelah era tersebut kebanyakan di antaranya mengalami kematian.

Kadal

Ular

Reptil merupakan vertebrata pertama yang mampu menyesuaikan diri untuk dapat hidup di daratan (terestrial).  Reptil memiliki sifat autotomi, yaitu dapat memotong ekornya apabila dalam keadaan bahaya. Sisik reptile terbuat dari zat tanduk yang berasal dari epidermis dan berfungsi sebagai eksoskeleton. Salah satu bentuk penyesuaian hewan terhadap lingkungan terestial adalah dapat bereproduksi tanpa tergantung pada air di sekelilingnya.

Reptil melakukan fertilisasi secara internal dan menghasilkan telur yang dilindungi oleh cangkang. Telur yang dihasilkan merupakan telur amniotik (mengandung amnion). Amnion merupakan membran embrionik yang menyelubungi embrio. Membran tersebut bermanfaat untuk melindungi embrio, menyediakan O2, makanan, dan air untuk embrio. Selain itu, amnion bermanfaat juga dalam mengeluarkan limbah nitrogen (sisa metabolism).

Reptil banyak tersebar di daerah tropik dan subtropik. Reptil air terdiri atas alligator, buaya, dan kura-kura, sedangkan kadal, dan ular merupakan reptile darat. Reptil terbagi menjadi empat ordo,yaitu Lacertilia (meliputi kelompok kadal), Ophidia (meliputi kelompok ular), Chelonia (meliputi kelompok kura-kura), dan Crocodilia (meliputi kelompok buaya).

Reptil memiliki kulit berkeratin yang tebal, bersisik, dan impermeable terhadap air. Keratin merupakan bahan protein yang ditemukan di rambut, kuku jari, dan bulu hewan. Kulit demikian dapat melindungi ular dari kehilangan air dan mengalami beberapa kali pergantian dalam setahun kornifikasi). Paru-paru reptile telah mengalami perkembangan yang baik dan mampu bergerak secara ritmik sesuai kembang-kempis sangkar tulang rusuk.

Pada umumnya, jantung reptile memiliki empat ruang yang belum sempurna, kecuali jantung buaya. Meskipun demikian, darah miskin O2 telah terpisah sepenuhnya dari darah kaya O2. Alat ekskresi berupa ginjal yang berfungsi mengekskresi asam urik dan limbah nitrogen. Seperti halnya amfibi, reptile termasuk hewan eksoterm. Dalam adaptasi tingkah laku, kehangatan suhu tubuh diperoleh dengan cara berjemur diri.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 21.08

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Reptil yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top