Pengertian Efek Rumah Kaca (Greenhouse Effect)



Pengertian Efek Rumah Kaca(Greenhouse Effect) - Efek rumah kaca adalah kaca bersifat transparan terhadap sinar ultraviolet dan sinar tampak (gelombang pendek), tetapi tidak untuk radiasi inframerah (gelombang panjang). Sifat ini yang mendasari penggunaan kaca dalam pembuatan rumah kaca (greenhouse).

Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca

Bayangkanlah suatu hari yang cerah dan sebuah rumah kaca. Cahaya matahari dapat menembus uap atap kaca dan menghangatkan tanaman dan apa saja yang terdapat di dalam rumah kaca. Tanaman dan material lain yang telah mengalami pemanasan tersebut akan meemancarkan radiasi inframerah (gelombang panas). Akan tetapi, gelombang panas itu tidak dapat keluar karena diserap oleh kaca dan meradiasikannya kembali ke dalam rumah kaca. Akibat yang terjadi adalah peningkatan suhu di dalam rumah kaca.

Hal yang serupa terjadi terhadap bumi. Berbagai gas dalam atmosfer, seperti karbon dioksida (CO2), uap air, metana (CH4), dan senyawa keluarga CFC, berlaku seperti kaca yang melewatkan sinar tampak dan ultraviolet tetapi menahan radiasi inframerah. Oleh karena itu, sebagian besar dari sinar matahari dapat mencapai permukaan bumi dan menghangatkan atmosfer dan permukaan bumi. Tetapi radiasi panas yang dipancarkan permukaan bumi akan terperangkap karena diserap oleh gas-gas rumah kaca.

Sebenarnya efek rumah kaca berfungsi sebagai selimut yang menjaga suhu permukaan bumi rata-rata sekitar 15 derajat C. Tanpa karbon dioksida dan uap air di atmosfer, suhu rata-rata permukaan bumi diperkirakan sekitar -25 derajat C. Jadi, jelaslah bahwa efek rumah kaca sangat penting dalam menentukan kehidupan di Bumi. Akan tetapi, peningkatan kadar dari gas-gas rumah kaca dapat menyebabkan suhu dipermukaan bumi menjadi terlalu tinggi sehingga dapat menyebabkan berbagai macam kerugian.

Planet seperti Venus, Jupiter dan lainnya juga memiliki efek rumah kaca. Begitu juga dengan bumi. Efek rumah kaca dibagi menjadi dua hal yaitu efek rumah kaca secara alami dan efek rumah kaca secara buatan yakni akibat kegiatan manusia yang menyebabkan efek rumah kaca. Untuk aktivitas manusia yang menyebabkan efek rumah kaca disebut pemanasan global.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 16.11

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Efek Rumah Kaca (Greenhouse Effect) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top