Pengertian Amonia

Pengertian Amonia - Amonia merupakan produk utama dari perairan (pembusukan) limbah nitrogen organik yang keberadaannya menunjukkan bahwa sudah pasti terjadi pencemaran oleh senyawa tersebut. Amonia kadang-kadang ditambahkan ke dalam bahan air untuk minum atau sumber air dengan pE  rendah yang kemudian akan bereaksi klor untuk menyediakan sisa klor (pada proses penjernihan air minum). Ketika pKa dari ion ammonium, NH4, 26 kebanyakan dari amonia dalam air terdapat sebagai NH4 dari NH3.

Unsur penyusun amonia

Amonia

Amonia yang digunakan secara komersial dinamakan amonia anhidrat. Istilah ini menunjukkan tidak adanya air pada bahan tersebut. Karena amonia mendidih di suhu -33 °C, cairan amonia harus disimpan dalam tekanan tinggi atau temperatur amat rendah. Walaupun begitu, kalor penguapannya amat tinggi sehingga dapat ditangani dengan tabung reaksi biasa di dalam sungkup asap. "Amonia rumah" atau amonium hidroksida adalah larutan NH3 dalam air. Konsentrasi larutan tersebut diukur dalam satuan baumé. Produk larutan komersial amonia berkonsentrasi tinggi biasanya memiliki konsentrasi 26 derajat baumé (sekitar 30 persen berat amonia pada 15.5 °C).[7] Amonia yang berada di rumah biasanya memiliki konsentrasi 5 hingga 10 persen berat amonia. Amonia umumnya bersifat basa (pKb=4.75), namun dapat juga bertindak sebagai asam yang amat lemah (pKa=9.25)

Amonia murni pertama kali dibuat oleh ilmuwan Inggris Joseph Priestley fisik pada tahun 1774, dan komposisi yang tepat yang ditentukan oleh kimiawan Perancis Claude-Louis Berthollet pada 1785. Amonia secara konsisten di antara lima teratas bahan kimia yang diproduksi di Amerika Serikat. Metode komersial utama memproduksi amonia dengan proses Haber-Bosch, yang melibatkan reaksi langsung dari hidrogen dan unsur unsur nitrogen.

Sebagai gas, zat ini lebih ringan dari udara, sehingga tidak akan berkeliling dalam ruangan seperti gas berbahaya lainnya, seperti propana. Meskipun amonia memiliki, bau khas yang menyengat, bening dan sulit untuk menyalakan kecuali sangat terkonsentrasi. Hal ini membuat lebih aman daripada bahan kimia lain untuk keperluan rumah tangga, karena kebanyakan orang akan mengenali bau dan menghindari menyentuh bahan kimia atau menghirup asap nya.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 19.38

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Amonia yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top