Pengertian Geografi

Pengertian Geografi - Beberapa definisi yang saling melengkapi sehingga diharapkan mampu menyingkap inti masalah atau pokok kajian geografi. Geografi merupakan induk dari ilmu pengetahuan, karena banyak ilmu pengetahuan yang di kaji selalu dimulai dari keadaan bumi. Definisi ini dikemukakan oleh Prestion. L James.

Geografi

Gambar Bola dunia

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menguraikan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam, dan penduduk, serta mempelajari ciri khas mengenai bumi dalam ruang dan waktu. Definisi ini dikemukakan oleh Prof. Bintarto dalam bukunya Presentation Geografi Sosial.

Geografi adalah interaksi antar ruang di kemukakan oleh Ullman (1954) dalam bukunya Geografi a special interaction. Geografi selalu ingin menjelaskan gejala-gejala dari segi hubungan keruangan. Dikemukakan oleh Paul Claval (1976).

Berdasarkan beberapa definisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau lingkungan dalam konteks keruangan. Kesimpulan ini dibuat oleh oleh para pakar geografi pada seminar dan lokakarya di Semarang pada tahun 1988.

Perlu diperhatikan bahwa studi Geografi tidak hanya sekedar persamaan dan perbedaan sesuatu dalam ruang, tetapi lebih dari itu geografi berusaha mengkaji proses terjadinya sesuatu. Dengan demikian geografi mampu menjawab pertanyaan. Suatu gejala serta bagaimana permasalahan yang ada. 

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gĂȘo ("Bumi"), dan graphein ("tulisan", atau "menjelaskan").

Geografi juga merupakan nama judul buku bersejarah pada subjek ini, yang terkenal adalah Geographia tulisan Klaudios Ptolemaios (abad kedua).

Geografi lebih dari sekedar kartografi, studi tentang peta. Geografi tidak hanya menjawab apa, dan dimana di atas muka bumi, tapi juga mengapa di situ, dan tidak di tempat lainnya, kadang diartikan dengan "lokasi pada ruang." Geografi mempelajari hal ini, baik yang disebabkan oleh alam atau manusia. Juga mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi itu.

Konsep geografi telah ada sejak zaman dahulu kala. Bangsa Yunani Kuno telah berusaha mendokumentasikan berbagai macam keterangan yang berkaitan dengan geografi. Geograf pertama pada masa itu adalah Thales (640-546 SM). a telah menyibukkan diri dengan berbagai penelitan dan menggali informasi geografi dengan melakukan perjalanan ke berbagai tempat.

Langkah Thales diikuti oleh geograf Yunani lainnya. Sebut saja Herodotus (485-425 SM) yang membuat geografi sekitar wilayah timur tengah, Phytheas yang mengukur jarak matahari ke bumi dan yang paling fenomenal adalah Eratosthenes (276-194 SM) yang mampu menghitung keliling bumi hanya berselisih 1% dari keliling sebenarnya.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 13.44

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Geografi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top