Pengertian Zakat

Pengertian Zakat - Zakat menurut bahasa, berarti nama berarti kesuburan, thaharah berarti kesucian, barakah berarti keberkatan dan berarti juga tazkiyah tatthir yang artinya mensucikan. Syara memakai kata tersebut untuk kedua arti ini. Pertama, dengan zakat diharapkan akan mendatangkan kesuburan pahala. Karena udinamakanlah harta yang dikelurkan itu dengan zakat. Kedua, zakat merupakan suatu kenyataan jiwa yang suci dari kikir dan dosa.

Membayar Zakat

Membayar Zakat dapat membantu masyarakat miskin

Imam nawawi mengatakan bahwa, zakat mengandung makna kesuburan. Kata zakat dipakai untuk dua arti, subur dan suci. Zakat digunakan untuk sedekah wajib, sedekah sunnah, nafkah, kemaafan, dan kebenaran. Demikian penjelasan Ibnu Arabi tentang pengertian kata zakat.

Abu Muhammad Ibnu Qutaibah mengatakan, bahwa lafazh zakat di ambil dari kata zakah, yang berarti nama = kesuburan dan penambahan. Harta yang dikeluarkan disebut zakat, karena menjadi sebab bagi kesuburan harta.

Abu Hasan Al-Wahidi mengatakan bahwa zakat mensucikan harta dan memperbaikinya, serta menyuburkannya. Menurut pendapat yang lebih nyata, zakat itu bermakna kesuburan dan penambahan serta perbaikan. Asal maknanya, penambahan kebajikan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah tuduhan sebagian ahli ketimuran yang mengatkan bahwa kata zakat diambil dari bahasa Yahudi atau Arami. Memang para ahli tersebut selalu berusaha menyelewengkan pengertian-pengertian Islam dan istilah-istilah yang dipergunakan Islam kepada tujuan-tujuan yang merendahkan Islam. Oleh karenanya, janganlah kita terpukau dengan uraian-uraian mereka. Di dalam ensiklopedi Islam mereka banyak membuat penyelewengan-penyelewengan itu.

Kata zakat dalam al-quran disebutkan secara me-rifah sebanyak 30 kali. Delapan kali diantaranya terdapat surat Makkiyah, dan selainnya terdapat dalam surat madaniyah. Tidak benar kata zakat terdapat bersama kata shalat sebanyak 82 kali seperti yang dikatakan oleh pengarang Fiqhus-Sunnah dan oleh beberapa pengarang sebelumnya. Yang benar-benar bergandengan dengan kata shalat hanyalah pada 28 tempat saja.

Dalam bahasa Arab sering dikatakan. Si Fulan seorang yang zaki, seorang yang bertambah-tambah kebaikannya. Sebagian harta yang dikeluarkan untuk diberikan kepada fakir miskin disebut zakat, karena zakat itu menyuburkan harta dan melindunginya dari bencana. Kata sedekah kerap kali dipergunakan Al-Quran dan As-Sunnah dalam arti zakat.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 04.12

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Zakat yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top