Gigi

Gigi - Gigi terdiri dari tiga bagian, yaitu mahkota gigi (korona), leher gigi (korum), dan akar gigi (radius). Akar gigi merupakan bagian gigi yang tertanam di dalam rahang gigi. Gigi berasal dari dua jaringan embrional, yaitu ektoderm dan mesoderm. Ektoderm membentuk lapisan gigi yang paling luar atau email. Email adalah lapisan keras yang menutupi permukaan gigi. Email berfungsi untuk melindungi gigi saat mengunyah. Email juga melindungi gigi terhadap asam yang dapat melarutkan dentin. Mesoderm membentuk dentin (tulang gigi) yang terdapat di dalam email, sementum (lapissan luar akar gigi), dan pulpa (rongga gigi) yang banyak mengandung serabut saraf dan pembulu darah.

Gigi

Susunan Gigi

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.

Berdasarkan bentuknya, gigi yang dimiliki manusia terdiri dari tiga seri (insisivus), gigi taring (kaninus), dan gigi geraham depan (premolar) serta gigi geraham belakang (molar). Gigi seri berfungsi untuk memotong makanan. Gigi taring berfungsi untuk menyobet makanan. Gigi geraham berfungsi untuk mengunyah makanan.

Pertumbuhan gigi pada manusia melalui dua tahap, yaitu gigi susu dan gigi permanen. Gigi susu tumbuh saat pertumbuhan pada bayi (6-7 bulan) sampai 26 bulan. Setelah berumur enam sampai empat belas tahun, gigi susu akan digantikan dengan gigi tetap (gigi permanen).

Gigi pada anak-anak berjumlah 20 buah. Pada rahang atas dan rahang bawah terdapat 8 gigi seri (2x4), 4 gigi taring [4x(1x1)], dan 8 gigi geraham [2x(2x2)]. Pada orang dewasa ditambah dengan 12 gigi geraham belakang [2x(3+3)], sehingga gigi berjumlah 32 buah.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 18.47

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Gigi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top