Ginjal


Ginjal - Pada manusia, ginjal merupakan organ utama yang melakukan proses ekskresi. Secara lengkap peranan atau fungsi ginjal adalah: 

Ginjal

Struktur Ginjal

  • mengekskresikan zat sisa seperti urea, asam urat, kreatinin, kreatin, dan zat lain yang bersifat racun,
  • mengatur volume plasma darah dan jumlah air di dalam tubuh,
  • menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur ekskresi garam-garam, yaitu membuang jumlah garam yang berlebihan dan merupakan garam bila jumlahnya dalam tubuh berkurang,
  • mengatur pH plasma dan cairan tubuh dengan mengekskresikan urin yang bersifat asam,
  • menjalankan fungsi sebagai hormon, dengan menghasilkan dua macam zat, yaitu renin dan eritropoietin yang diduga memiliki fungsi endokrin.
Ginjal diselubungi oleh suatu kapsul yang terbentuk dari jaringan serabut. Bagian luar ginjal disebut korteks, sedangkan bagian dalamnya disebut medula. Pada bagian dalamnya terdapat ruang kosong (pelvis). Pada ginjal terdapat nefron yang merupakan unit fungsional dan struktur terkecil. Pada manusia terdapat sekitar satu juta nefron. Setiap nefron terdiri dari badan Malphighi (mengandung glomerulus yang diselubungi oleh kapsula Bowman) dan saluran netron.

Nefron mengndung dua macam unsur, yaitu unsur pembulu (elemen vaskuler) dan unsur epitel. Bagian nefron yang mengandung unsur pembulu, yaitu arterial, glomerulus (kumpulan kapiler), arterial eferen, dan kapiler tubuler. Bagian nefron yamg mengandung unsur epitel, yaitu kapsula Bowman, tubulus kontortus proksimal, lengkung Henle, yang terdiri dari saluran menurun dan saluran naik, tubulus kontortus distal, dan saluran pengumpul (tubulus kolektifus).

Pada medula terdapat piramida ginjal dan piala ginjal yang banyak mengandung pembuluh-pembuluh untuk mengumpulkan hasil ekskresi. Pembuluh-pembuluh tersebut berhubungan dengan ureter yang bermuara pada kantung kemih (vesica urinaria). Kantung kemih berfungsi sebagai tempat penampungan urin sementara. Urin keluar dari tubuh melalui lubang urin yang sebelumnya melewati uretra terlebih dahulu.

Ntron ada dua macam, yaitu netron korteks dan netron jukstamedula. Nefron korteks terletak di bagian korteks, pada umumnya ditandai oleh adanya lengkungan Henle yang pendek. Nefron jukstamedula memiliki glomerulus yang terletaknya di bagian korteks dekat bagian medula serta memiliki lengkung Henle yang panjang dan menjulur jauh ke dalam medula.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 23.33

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Ginjal yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top