Otak Manusia

Otak Manusia - Otak manusia terdiri dari dari dua belahan (hemisfer), yaitu belahan kiri dan belahan kanan. Kedua belahan tersebut dihubungkan oleh balok otak yang berongga (ventrikel) berisi cairan getah bening (cerbrospinal). Pada tali spinal (jalur antara otak dan sumsum tulang belakang) terjadi pindah silang sehingga terjadi kebalikan sistem pengendalian, yaitu belahan otak kiri akan mengendalikan sistem tubuh yang terletak di bagian kanan tubuh, sedangkan belahan otak kanan akan mengendalikan sistem-sistem tubuh yang terletak di bagian kiri tubuh.
Otak Manusia

Otak Manusia

Otak dibagi menjadi tiga daerah, yaitu otak depan, otak tengah, dan otak belakang. Pembagian otak seperti itu tampak jelas pada masa manusia dewasa tidak tampak jelas karena masing-masing daerah terdiri dari beberapa bagian atau lobus.

Otak besar (cerebrum) merupakan bagin terluass dari otak dan berbentuk oval. Otak besar mengisi penuh bagian depan atas rongga tengkorak, dan terdiri dari dua belahan yang bekerja secara berlawanan. Selain itu, otak besar juga tersusun oleh dua lapisan luar (korteks) yang berisi badan neuron dan lapisan dalam yang berisi serabut saraf baik dendrit maupun neurit.

Otak besar terbagi menjadi empat bagian, yaitu bagian dahi (lobus frontalis), bagian pelipis (lobus tempralis), dan bagian belakang kepala (lobus oksipotalis). Antara bagian dahi dan ubun-ubun dipisahkan oleh celah yang disebut fisura rolando. Antara bagian dahi dan pelipis dipissahkan oleh celah silvius.

Otak besar merupakan pusat saraf utama karena berperan dalam pengaturan seluruh aktivitas tubuh, antara lain pernafasan, kesadaran, ingatan, keinginan, kecerdasan, kepribadian, daya cipta, daya khayal, bahkan kepercayaan kepada sesuatu yang bersifat metafisil. Pada bagian otak besar terdapat daerah asosiasi, yaitu bagian yang menghubungkan antara bagian sensorik dan motorik.

Setiap aktivitas akan dikendalikan oleh bagian yang berbeda, yaitu:
  1. daerah dahi berhubungan dengan kemampuan berpikir;
  2. daerah pelipis dan ubun-ubun mengendalikan kemampuan berbicara dan berbahasa;
  3. daerah belakang kepala merupkan pusat penglihatan dan dapat menyampaikan memori tentang apa yang dilihat;
  4. daerah pelipis terdapat pusat bicara dan juga terdapat pusat pendengaran
  5. daerah ubun-ubun, selain pusat berbicara dan juga pusat untuk meerasakan dingin, panas dan rasa sakit.
Di antara belahan otak besar terdapat otak depan, yng terdiri dari:
  1. talamus, yaitu bagian penerima dan penerus impus yang datang dari saraf perifer dan meneruskannya ke pusat sensorik pada bagian korteks otak;
  2. hipotalamus, yaitu bagian pengatur suhu tubuh juga pengatur rasa ngantuk, emosi , dan tekanan darah;
  3. infundibulum, yaiitu pangkal dari hipofisis (kelenjar endoktrin).
Otak tengah (mesencephalon) manusia berukuran kecil dan terletak didepan tak kecil. Otak tengah memiliki bagian dorsal yang disebut atap; tersusun oleh empat bagian yang menonjol, dua tonjolan ke atas dan dua tonjolan ke bawah. Pada otak tengah terdapat saraf okumotoris (sarah yang berhubungan dengan pusat pergerakan mata), misalnya mengangkat kelopak mata dan memutar mata.

Otak kecil (cerebelum) merupakan bagian terluas kedua dari otak. Otak kecil terdapat di bagian belakang dan bawah rongga tengkorak. Otak kecil berfungsi mengatur gerakan otot dan mengatur keseimbangan posisi tubuh.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 14.18

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Otak Manusia yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top