Pengertian Kepribadian

Pengertian Kepribadian - Hanya ada sedikit kata yang begitu memikat khalayak ramai, seperti istilah kepribadian. Meskipun dipakai dalam berbagai pengertian, namun sebagian terbesar dari arti-arti populer ini bisa digolongkan ke salah satu di antara dua golongan. Pemakaian pertama menyamakan istilah tersebut dengan keterampilan atau kecakapan sosial. 

Kepribadian dari raut seseorang

Kepribadian dilihat dari bentuk tubuh seseorang

Kepribadian individu dinilai berdasarkan kemampuan memperoleh reaksi-reaksi positif dari berbagai orang dalam berbagai keadaan. Dalam pengertian ini, sekolah-sekolah yang mengkhususkan menyiapkan orang memasuki dunia glamour mengartikan istilah tersebut ketika menawarkan kursus-kursus latiahan kepribadian. Demikian juga, guru yang menyebut seorang siswanya memiliki masalah kepribadian, mungkin bermaksud mengatakan bahwa ketrampilan-ketrampilan sosial siswa itu kurang memadai untuk memelihara hubungan yang memuaskan dengan sesama siswa dan guru.

Pemakaian kedua memandang kepribadian individu sebagai kesan yang paling menonjol atau paling kentara yang ditunjukkan seseorang terhadap orang-orang lain. Maka, seseorang mungkin disebut memiliki kepribadian agresif atau kepribadian penurut atau kepribadian penakut. Di situ pengamat memilih satu atribut atau kualitas yang paling khas pada subjek pada subjek dan agaknya merupakan bagian penting dari keseluruhan kesan yang di timbulkan pada orang-orang lain sehingga kepribadian orang tersebut dikenal dengan istilah itu. Jelas, ada unsur penilaian dalam kedua pemakaian istilah tersebut. Kepribadian biasanya dilukiskan sebagai baik atau buruk.

Keanekaragaman pengguna sehari-hari kata kepribadian itu maka dikaburkan oleh bermacam-macam arti yang diberikan oleh psikolog. Dalam suatu penelitian kepustakaan yang tuntas, Allport (1937) menemukan hampir 50 definisi berbeda yang di golongkan ke dalam sejumlah kategori. Di sini kita hanya akan membahas beberapa definisi-definisi tersebut.

Kepribadian adalah suatu yang memberi tata tertib dan keharmonisan terhadap segala macam tingkah laku berbeda-beda yang dilakukan oleh si individu. Sejumlah teoritikan memilih memberi tekanan pada fungsi kepribadian dalam menjabatangani atau mengatur penyesuian dari individu. Dalam definisi-definisi lain, kepribadian disamakan dengan aspek-aspek atau khas dari tingkah laku. Dalam hal ini, kepribadian merupakan istilah untuk menunjukkan hal-hal khusus tentang individu dan yang membedakannya dari semua orang lain 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 01.16

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Kepribadian yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top