Pengertian Energi dalam Fisika



Pengertian Energi dalam Fisika - Seseoraang dapat melakukan usaha karena orang itu mempunyai kemampuan. Kemampuan yang dimaksud antara lain mampu berlari, mampu mengangkat batu, dan mampu menendang bola. Kemampuan seperti itu dalam fisika disebut energy. Jadi, energy adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja). Setiap benda dapat melakukan usaha jika benda itu memiliki energi.

Pengertian Energi

Energi

Ada bermacam-macam bentuk energy, antara lain energi mekanik, energi cahaya, energi listrik, dan energi magnet. Telah anda pelajari di SMP bahwa energy bersifat kekal. Dikatakan kekal karena manusia tiddak mampu menciptakan atau memusnahkan eneergi. Manusia hanya dapat mengubah dari satu bentuk ke bentuk lain. Karena energy merupakan bagian dari alam, hanya Tuhan pencipta alam itulah yang mampu menciptakan atau memusnahkan energi.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak menggunakan berbagai macam energy, antara lain energi kimia, energi minyak bumi, energi air terjun, dan energi nuklir. Energi dihasilkan oleh sumber energy. Di antara sumber-sumber energi, ada yang dapat diperbarui da nada yang tidak dapaat diperbarui. Contoh sumber energy yang dapat diperbarui adalah bahan pangan sebagai sumber energy kimia, PLTA sebagai sumber energy listrik, manusia dan hewan seperti kuda dan sapi sebagai sumber energi mekanik. Adapun contoh sumber energy yang tidak dapat diperbarui adalah minyak bumi (bensin, solar, dan minyak tanah ketiganya sebagai sumber energy kimia), batu bara dan matahari. Mengingat sumber-sumber energy di alam jumlahnya terbatas, kita harus melakukan penghematan dalam penggunaan energy. Selain itu, kita juga harus mengupayakan pemanfaatan energi alternative yang lebih mudah diperbarui. 

sesuatu bentuk dikatakan mempunyai energi jika sesuatu tersebut dapat menggerakkan suatu benda. Suatu benda yang bergerak pasti pada mulanya terjadi perubahan gerak. Suatu benda terjadi perubahan gerak bilamana pada benda itu dikenai gaya (F). Oleh karena ia melakukan gerak berarti menempuh suatu jarak Δs. Gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut menempuh suatu jarak, dikatakan gaya tersebut telah melakukan usaha. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12.42

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Energi dalam Fisika yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top